Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'harnods_header_scripts' not found or invalid function name in /var/www/html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 307 6 Keuntungan yang Didapatkan dengan Menerapkan UMKM Digital
Bisnis

6 Keuntungan yang Didapatkan dengan Menerapkan UMKM Digital

Semakin banyaknya bisnis UMKM bermunculan membuat pelaku usaha harus berpikir dan terus berinovasi untuk memenangkan persaingan pasar. Salah satu cara yang saat ini sedang digembar-gemborkan adalah UMKM digital. Di mana, strategi ini dilakukan sebagai langkah untuk para UMKM untuk mulai memanfaatkan internet untuk memperluas jangkauan promosi.

Dengan UMKM go digital, pengusaha bisa mulai mengubah komunikasi, interaksi dan segala manfaat dalam bisnis dari yang konvensional menjadi digital atau virtual. Proses go digital  ini meliputi banyak hal, mulai dari pengenalan dan penggunaan media sosial sebagai media pemasaran, metode transaksi cashless, hingga bagaimana cara pelaku UMKM mengelola bisnisnya untuk membuat proses bisnis menjadi lebih efisien.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan pelaku UMKM ketika menerapkan UMKM digital. Apa saja itu?

Terciptanya Efisiensi

Dengan memanfaatkan digital, akan ada banyak efisiensi yang tercipta dan mempermudah pelaku UMKM untuk menjalankan bisnisnya. Misalnya saja, efisiensi biaya transportasi atau promosi yang cukup dilakukan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Bukan hanya itu, dengan memanfaatkan media digital, Anda juga bisa menjalankan bisnis melalui online dengan memanfaatkan marketplace atau layanan pesan antar dari GoFood, GrabFood, ShopeeFood, dan sebagainya. Sehingga, akan ada banyak biaya yang tidak lagi perlu Anda keluarkan seperti biaya sewa tempat, biaya listrik, dan masih banyak lagi.

Meminimalisir Kehilangan Pasar

Saat ini, hampir semua kalangan memanfaatkan media digital untuk mencari berbagai kebutuhannya. Kecenderungan konsumen di era ini mulai beralih ke ekosistem digital. Misalnya saja, mereka tidak lagi datang ke pangkalan ojek dan memilih memesan transportasi online dari rumah. Ketika berbelanja pun, mereka lebih memilih belanja dari rumah sambil melakukan banyak kegiatan dibanding harus ke supermarket.

Jika Anda tidak memanfaatkan digital di era ini, tentu saja Anda bisa kehilangan pasar. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mulai beradaptasi mengikuti perkembangan pasar dan pahami bagaimana kebiasaan target market di zaman sekarang.

Menjangkau Audiens dan Pasar yang Lebih Luas

UMKM go digital juga sangat dibutuhkan untuk memperluas jaringan pemasaran dan promosi, sehingga bisa merambah ke berbagai wilayah baru. Selain itu akses untuk pemasaran semakin bisa diperluas. Misalnya, jika sebelum memanfaatkan digital, Anda hanya bisa menjual produk di satu lokasi bisnis saja, sedangkan ketika Anda sudah memanfaatkan dan menerapkan UMKM digital, maka bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan pelanggan hingga seluruh dunia. UMKM yang mulai  menerapkan go digital akan terbebas dari keterbatasan sistem distribusi dan pemasaran yang selama ini sering menjadi kendala bisnis. 

Biaya Operasional Murah

Hadirnya UMKM go digital sebagai ekosistem digital juga bisa membantu menekan biaya operasional, seperti sewa toko atau ruko, biaya transportasi pengiriman produk, atau cara pemasaran konvensional lainnya. Bahkan dengan menerapkan go digital, pelaku UMKM tidak perlu memiliki toko fisik untuk bisa berjualan dan memasarkan produk, karena bisa memanfaatkan website, platform media sosial, atau melalui marketplace.

Pertumbuhan UMKM Lebih Cepat

Pemanfaatan platform digital seperti website, blog, marketplace, dan media sosial secara maksimal juga akan membantu UMKM Anda lebih berkembang dan dikenal banyak target market. Semakin banyak orang yang bisa melihat produk yang ditawarkan melalui digital berpotensi meningkatkan penjualan, yang nantinya juga akan membantu UMKM bisa bertumbuh lebih cepat.

UMKM yang Lebih Profesional

Dengan UMKM go digital, bisnis juga  berpotensi mendapatkan lebih banyak pelanggan. Selain itu, Anda pun akan mulai memasuki babak persaingan baru di ranah industri modern. Bisnis yang dijalankan akan mendapatkan nilai lebih dari calon pelanggan jika sudah memiliki media sosial dan website pribadi sebagai media pemasaran. Apalagi sekarang hampir semua orang akan mencari tahu keberadaan produk dan review lewat digital sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.

Selain itu, dengan adanya UMKM go digital, maka tidak ada lagi pembatas antara konsumen dan penjual, begitu juga soal transparansi harga. Konsep ini pastinya berbeda dengan pemasaran tradisional atau konvensional yang biasanya hanya menjangkau calon konsumen dari area terbatas.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mulai menerapkan UMKM Digital. Jadi, sudah siap maju dengan mulai memanfaatkan digitalisasi? Pastikan juga untuk mengurus legalitas bisnis Anda bersama LIBERA.id.

Dengan LIBERA.id, Anda bisa mengurus segala legalitas bisnis yang dibutuhkan dengan mudah, cepat, dan dapat dipercaya. Sehingga, nantinya Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis tanpa perlu repot mengurus legalitas bisnis yang prosesnya menyita waktu. Jadi, pastikan Anda percayakan segala macam masalah legalitas bisnis mulai dari perizinan hingga perjanjian dengan tim hukum profesional dari LIBERA.

Related Posts

Perselisihan dengan Rekan Bisnis, Begini Cara Penyelesaiannya Secara Hukum!

Suatu bisnis dapat berkembang dengan baik jika didalamnya terdapat hubungan kerja sama yang sehat antara pemilik bisnis dan rekan bisnis lainnya, baik supplier, klien, ataupun investor. Kerjasama yang baik hanya dapat terjalin ketika Anda dan rekan bisnis Anda memiliki sikap profesional dan tanggung jawab untuk mencapai tujuan bisnis masing-masing. Misalnya, Anda membutuhkan supplier untuk membantu Anda menyuplai stok barang atau kebutuhan perusahaan, dan supplier juga membutuhkan Anda untuk mendapatkan pendapatan bisnisnya.

Read more

Ingin Membuat Iklan? Perhatikan Ketentuan Berikut & Jangan Sampai Anda Melakukan Pelanggaran Hak Konsumen

Seringkali kita melihat iklan yang tidak sesuai dengan realitanya, misalnya saja iklan makanan. Ada beberapa kasus konsumen kecewa dengan apa yang mereka terima setelah membeli makanan seperti gambar yang ada di iklan tidak sesuai dengan kenyataannya. Di mana, dalam iklan terlihat gambar makanan dengan ukuran besar yang dilengkapi sayuran yang padat, keju, daging, tomat, mayonnaise, dan lain-lain. Sedangkan, pada kenyataannya, makanan yang disajikan kecil dengan sayur yang sedikit, daging kecil, dan sebagainya. Hal ini tidak sesuai dengan gambar yang terlihat dalam iklan. 

Read more