Bisnis

Sudah Punya Rekening Bisnis? Ini Keuntungan yang Bisa Didapat!

Ketika Anda menjalankan bisnis, maka keuangan menjadi kunci utama yang akan menentukan keberhasilan bisnis. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengelola keuangan perusahaan dengan baik. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan adalah dengan memisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis. Misalnya di bank A, Anda gunakan untuk menyimpan uang pribadi sedangkan tabungan bisnis merupakan rekening khusus untuk transaksi segala urusan bisnis.

Memiliki rekening bisnis juga menjadi salah satu langkah awal bagi Anda yang ingin mengelola manajemen keuangan dengan baik. Selain itu, rekening bisnis juga bisa membantu Anda memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis, sehingga Anda bisa lebih mudah mengelola keuangan bisnis dengan baik. Tidak hanya itu, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki rekening bisnis, apa saja itu? Simak keuntungan lainnya di bawah ini.

Mengontrol Keuangan Bisnis

Dengan adanya rekening bisnis, Anda bisa dengan mudah mengontrol keuangan bisnis dengan lebih baik. Di mana, Anda bisa melihat pendapatan maupun pengeluaran bisnis dengan lebih rinci. Sehingga Anda bisa mengukur dan mengontrol prioritas pengeluaran untuk mengembangkan bisnis. Anda juga bisa lebih mudah dalam mengecek setiap transaksi dan arus keluar masuk uang di kedua tabungan tersebut.

Melindungi Aset Pribadi

Banyak bisnis yang tidak bertahan lama karena mencampurkan aset pribadi dan aset perusahaan. Padahal, kedua aset ini harus memiliki batas yang tegas agar ketika bisnis mengalami kerugian, maka aset pribadi Anda tetap aman. Jadi, dengan adanya rekening bisnis inilah Anda bisa melindungi aset pribadi Anda jika suatu saat mengalami kerugian bisnis.

Kredibilitas Bisnis

Dengan memiliki rekening bisnis, maka bisnis Anda bisa memiliki kredibilitas di mata rekan bisnis maupun pelanggan. Bisnis Anda juga akan terlihat profesional karena nama rekening yang Anda gunakan bukan lagi nama pribadi melainkan nama perusahaan.

Memudahkan Perencanaan Keuangan

Dengan memisahkan rekening pribadi dan bisnis, Anda juga lebih mudah mudah memonitor uang masuk dan keluar. Sehingga, Anda bisa lebih mudah ketika membuat laporan keuangan. Dengan adanya laporan keuangan yang jelas, Anda pun bisa lebih mudah membuat estimasi pengeluaran dan pendapatan di waktu yang akan datang, yang dilihat dari laporan keuangan setiap bulannya. Sehingga nantinya Anda bisa lebih mudah ketika ingin membuat rencana keuangan kedepannya berdasarkan laporan keuangan yang telah Anda miliki tersebut

Mengambil Keputusan dengan Tepat

Dengan adanya rekening terpisah, Anda pun bisa lebih mudah membandingkan laba dan rugi. Hal ini penting ketika Anda ingin melakukan ekspansi bisnis seperti merambah barang yang ingin dijual, membuka cabang, dan sebagainya. Anda juga bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan hal tersebut berdasarkan beberapa hal misalnya apakah modal sudah kembali atau belum, berapa keuntungan yang sudah dihasilkan, berapa penghasilan per bulannya, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda tidak akan terburu-buru mengambil keputusan dalam keadaan bisnis yang belum siap berdasarkan keuangan bisnis.

Memudahkan Perhitungan Pajak

Ketika Anda menjalankan  bisnis, maka Anda memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Ketika Anda menggabungkan rekening pribadi dan bisnis, maka Anda akan kesulitan untuk menghitung berapa pajak yang harus Anda bayarkan dan nominal dalam rekening akan dianggap sama. Sehingga, berisiko nominal tersebut bisa dianggap laba, sehingga pajak yang dibebankan akan menjadi mahal karena gabungan uang laba bisnis dan uang pribadi.

Menghindari Kebangkrutan

Menggabungkan rekening pribadi dan bisnis sering membuat kebanyakan orang  ‘kalap’. Dengan jumlah uang yang besar, secara tidak sadar uang tersebut akan dianggap sebagai milik pribadi, sehingga banyak godaan dan perilaku konsumtif yang mendorong untuk menggunakan uang tersebut. Jika dibiarkan secara terus menerus, maka uang bisnis akan berkurang yang bisa menyebabkan kekurangan modal bahkan bisa memicu kebangkrutan.

Mempermudah Pengajuan Pinjaman Bisnis

Ketika Anda ingin mengembangkan bisnis, tentunya Anda membutuhkan modal yang cukup. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajukan kredit usaha atau pinjaman bisnis. Namun, ketika ingin mengajukan pinjaman, Anda membutuhkan laporan keuangan yang menerangkan mengenai pendapatan dan pengeluaran bisnis. Hal ini dibutuhkan untuk membuat pihak bank atau pemberi pinjaman lebih mudah menganalisis bisnis Anda, sehingga peluang mendapat pinjaman terbuka lebih lebar.

Evaluasi Kinerja Bisnis

Dengan adanya rekening bisnis yang terpisah, maka Anda bisa mengetahui dengan pasti angka laba atau rugi dalam bisnismu. Sehingga, Anda bisa lebih mudah melakukan evaluasi bisnis dan mencari solusi atas masalah keuangan yang sedang Anda hadapi. Apakah Anda harus memperbaiki arus kas atau mempertahankan kinerja yang sudah ada.

Dengan adanya evaluasi inilah Anda bisa mengambil keputusan dengan tepat seperti ketika bisnis hanya menghasilkan keuntungan yang kecil, maka Anda bisa melakukan promosi untuk meningkatkan laba, dan sebagainya.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki rekening bisnis. Jadi, apakah Anda sudah memiliki rekening bisnis? Jika belum, segera buat rekening bisnis Anda sekarang dan dapatkan banyak kemudahan dalam mengelola keuangan bisnis Anda. Jangan lupa juga untuk melakukan konsultasi hukum bisnis secara gratis melalui LIBERA.id. Dengan LIBERA, Anda bisa melakukan konsultasi hingga mengurus perizinan bisnis lebih mudah tanpa harus meninggalkan urusan bisnis.

Related Posts

Bolehkan Perusahaan Meminta Ganti Rugi Atas Kesalahan Karyawan? Ini Hukumnya!

Terkadang terjadi kelalaian yang dilakukan karyawan hingga merugikan perusahaan. Misalnya saja ketika karyawan mendapatkan fasilitas kantor seperti laptop, kendaraan bermobil atau bermotor, handphone, dan sebagainya, kemudian karyawan tersebut lalai dalam penggunaannya dan menyebabkan fasilitas yang diberikan tersebut rusak bahkan hilang. Jika hal ini terjadi, ada beberapa perusahaan yang meminta ganti rugi atas kesalahan karyawan tersebut. Tapi, apakah hal ini diperbolehkan? Bagaimana hukumnya? Agar tidak salah mengartikan ganti rugi yang dimaksud di sini, LIBERA akan membahasnya lebih jauh lagi agar Anda lebih memahami masalah yang sering terjadi ini.
Read more