PerizinanStartup

Kapan Legalitas Perusahaan Perlu Diurus? Cek 5 Keuntungannya di sini!

Kapan Legalitas Perusahaan Perlu Diurus? Cek 5 Keuntungannya di sini!

Membuat dan memulai bisnis di Indonesia berarti Anda harus taat dan patuh terhadap aturan dan hukum yang berlaku, tanpa terkecuali. Salah satu bentuk ketaatan sebuah perusahaan pada hukum adalah dengan mengurus dokumen legalitas untuk bisnis yang dijalankan. Apa yang dimaksud dengan legalitas perusahaan? Legalitas perusahaan di sini berarti sebuah perusahaan harus mengurus dokumen hukum yang dibutuhkan terkait dengan kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan, terutama izin usaha.

Dalam sebuah bisnis, legalitas merupakan pondasi hukum sebuah bisnis yang harus diperhatikan sejak Anda ingin memulai bisnis. Bentuk-bentuk legalitas perusahaan bermacam-macam dan sesuai dengan bidang atau industri bisnis yang Anda jalani, seperti akta pendirian, SK Kementerian Hukum dan HAM sebagai tanda pengesahan badan hukum, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP),  AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), dan sebagainya.

Namun, saat ini masih banyak pengusaha, khususnya startup yang memulai bisnisnya tanpa mengurus legalitas perusahaannya dan menganggap legalitas tidak begitu penting. Padahal, bisnis tanpa legalitas dapat menghambat perkembangan bisnis tersebut di kemudian hari. Legalitas dalam bisnis  memiliki peran penting yang dapat memengaruhi keberlangsungan bisnis Anda. Bukan hanya itu, ada banyak keuntungan lainnya yang bisa Anda dapat dengan memiliki legalitas. Di bawah ini, Libera.id akan menjabarkan secara rinci mengenai keuntungan mengurus Legalitas Perusahaan.

 

Perlindungan Hukum

Banyak usaha yang pada awalnya berjalan dengan mulus, namun di pertengahan jalan usaha tersebut diberhentikan secara tiba-tiba. Hal ini tentu tidak Anda inginkan sebagai seorang pengusaha bukan? Disinilah Anda harus menyadari bahwa legalitas suatu perusahaan memiliki peran penting. Di mana, dengan mengurus dan memiliki dokumen perizinan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan, Anda dapat menjalankan bisnis dengan rasa aman tanpa khawatir bisnis Anda akan dibekukan tiba-tiba oleh pemerintah.

 

Aset Pribadi Terlindungi

Pernah Anda mendengar sebuah perusahaan bangkrut dan mengalami kerugian besar? Namun pemilik ataupun pemegang saham justru masih menjalankan kehidupannya seperti biasa? Bagaimana bisa? Tentu saja hal ini memungkinkan jika Anda memiliki suatu perusahaan dalam bentuk badan hukum seperti perseroan terbatas (PT) yang dapat melindungi aset pribadi Anda.

Sebagai badan hukum, PT merupakan suatu entitas terpisah yang memiliki liabilitas dan asetnya sendiri serta dapat bertindak atas namanya sendiri layaknya manusia. Dengan mendirikan badan hukum sebagai bagian dari legalitas perusahaan, Anda tidak perlu khawatir aset pribadi akan terpakai untuk membayar utang ketika perusahaan bangkrut dan mengalami kerugian, maupun  jika perusahaan Anda tidak mampu membayar utang kepada kreditor. Lain halnya jika bisnis Anda hanya CV atau Firma yang tidak berstatus badan hukum, seluruh kerugian bisnis akan berdampak pada aset pribadi Anda, karena tidak terdapat pemisahan aset didalamnya.

 

Baca juga: Jenis-Jenis Legalitas Perusahaan yang Harus Anda Miliki

 

Mengembangkan Bisnis ke Skala Lebih Besar

Seiring perjalanan bisnis, Anda pasti berharap bisnis Anda dapat terus maju dan berkembang. Memiliki keuntungan yang terus meningkat dan  konsumen yang terus bertambah menjadi salah satu harapan semua pengusaha. Dan ketika hal ini terjadi, Anda tentu ingin melakukan ekspansi bisnis dengan membuka cabang baru untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Disinilah modal menjadi salah satu hal penting yang Anda butuhkan ketika ingin mengembangkan bisnis ke skala yang lebih besar. Dengan adanya legalitas perusahaan, akses Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha menjadi lebih mudah, baik mengajukan pinjaman lewat Bank atau mendapatkan modal dari investor baru yang nantinya akan menjadi pemegang saham di perusahaan Anda.

 

Kredibilitas Bisnis Meningkat

Mengurus legalitas bisnis juga membantu Anda meningkatkan kredibilitas bisnis di mata konsumen, rekan bisnis, supplier, investor, bank, dan sebagainya. Di mana, dengan adanya legalitas perusahaan yang jelas, bisnis Anda akan semakin dipercaya dan dianggap lebih profesional, sehingga target konsumen Anda tidak ragu lagi memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini tentu juga berpengaruh pada omzet penjualan Anda bukan?

Selain itu, dengan kredibilitas tinggi, Anda tentu juga akan lebih mudah dalam mendapatkan beberapa proyek. Karena legalitas perusahaanlah yang menjadi salah satu syarat ketika perusahaan Anda ingin mengikuti tender atau proyek, baik dari perusahaan swasta maupun pemerintah.

 

Penjualan Saham Lebih Mudah

Selain melindungi bisnis, ada keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan jika bisnis berbentuk PT, yaitu kemudahan untuk menjual atau mengalihkan saham milik Anda di perusahaan kepada pihak lainnya. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot jika suatu saat berniat untuk keluar dari bisnis ataupun jika ada pihak lain yang akan masuk sebagai pemegang saham baru. Hal ini dikarenakan Anda dapat menjual saham Anda kepada pihak lainnya. Hal ini tentu akan menguntungkan Anda, terlebih jika bisnis Anda telah jauh berkembang dan nilai perusahaan Anda tinggi, saham milik Anda pun akan bernilai lebih mahal.

 

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengantongi dokumen legalitas perusahaan. Lalu kapan sebaiknya Anda mengurus legalitas perusahaan? Ada baiknya, sebelum memulai kegiatan bisnis, Anda harus memikirkan terlebih dahulu jenis badan usaha yang tepat bagi  bisnis Anda. Kemudian, cari informasi lebih lanjut mengenai izin apa saja yang diperlukan bisnis Anda berdasarkan kegiatan usaha yang dilakukan.

Tanpa memiliki legalitas, Anda akan lebih sulit dalam menjalankan bisnis. Selain bisnis yang tidak terlindungi, tidak memiliki legalitas juga sama dengan menutup akses Anda untuk maju berkembang. Jadi, sebelum memulai bisnis, Anda harus segera mengurus legalitas perusahaan. Untuk mengurus legalitas perusahaan Anda dengan mudah, cepat, dan nyaman, Anda dapat memanfaatkan solusi yang ditawarkan oleh Libera.id. Dengan Libera.id, seluruh legalitas perusahaan yang Anda butuhkan dapat diurus dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Bukan hanya itu, Libera.id juga menyediakan jasa konsultasi hukum gratis yang dapat membantu Anda mendapatkan solusi yang Anda butuhkan. Jadi tunggu apalagi? Segera urus legalitas perusahaan Anda di Libera.id.

Related Posts

Cara Membuat SIUP dengan 4 Langkah & Prosedur Mudah Berikut Ini!

Sudahkah Anda mengurus SIUP sebagai dokumen legalitas perusahaan Anda? SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan merupakan salah satu dokumen yang harus dimiliki bisnis dengan skala kecil, menengah, maupun besar, sepanjang bisnis tersebut bergerak di bidang perdagangan. Dengan adanya dokumen ini, Anda bisa dapat menjalankan bisnis dengan lebih aman dan tanpa khawatir terjadi masalah di kemudian hari, seperti pengenaan sanksi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Lalu bagaimana cara membuat SIUP? Di bawah ini adalah LIBERA akan menjabarkan beberapa hal penting terkait cara membuat SIUP yang perlu Anda ketahui.

Read more

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Surat Perjanjian Kerja Sama Bisnis

Di era sekarang di mana kaum millennials berada dalam usia produktif untuk bekerja, banyak millennials yang memilih untuk memulai bisnisnya sendiri. Hal ini terlihat dari banyaknya bisnis startup yang mulai bermunculan di Indonesia di mana mayoritas foundersnya merupakan generasi millennials. Ide-ide bisnis yang dibawa pun semakin beragam dan banyak startup yang berpotensi besar. Namun, berdasarkan pernyataan yang dibuat oleh Noam Wessman, seorang profesor Harvard Business School dalam artikelnya yang berjudul “The Founder’s Dilemma”, sebanyak 65% startup yang berpotensi besar mengalami kegagalan karena perselisihan antara founders. Ketika Anda berencana untuk menjalankan bisnis dengan rekan bisnis sebagai salah satu founder, maka solusi untuk menghindari perselisihan dengan sesama founder adalah dengan membuat surat perjanjian kerja sama antara pendiri atau Founders Agreement.

Read more