PerizinanStartup

Kapan Legalitas Perusahaan Perlu Diurus? Cek 5 Keuntungannya di sini!

Membuat dan memulai bisnis di Indonesia berarti Anda harus taat dan patuh terhadap aturan dan hukum yang berlaku, tanpa terkecuali. Salah satu bentuk ketaatan sebuah perusahaan pada hukum adalah dengan mengurus dokumen legalitas untuk bisnis yang dijalankan. Apa yang dimaksud dengan legalitas perusahaan? Legalitas perusahaan di sini berarti sebuah perusahaan harus mengurus dokumen hukum yang dibutuhkan terkait dengan kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan, terutama izin usaha.

Dalam sebuah bisnis, legalitas merupakan pondasi hukum sebuah bisnis yang harus diperhatikan sejak Anda ingin memulai bisnis. Bentuk-bentuk legalitas perusahaan bermacam-macam dan sesuai dengan bidang atau industri bisnis yang Anda jalani, seperti akta pendirian, SK Kementerian Hukum dan HAM sebagai tanda pengesahan badan hukum, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP),  AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), dan sebagainya.

Namun, saat ini masih banyak pengusaha, khususnya startup yang memulai bisnisnya tanpa mengurus legalitas perusahaannya dan menganggap legalitas tidak begitu penting. Padahal, bisnis tanpa legalitas dapat menghambat perkembangan bisnis tersebut di kemudian hari. Legalitas dalam bisnis  memiliki peran penting yang dapat memengaruhi keberlangsungan bisnis Anda. Bukan hanya itu, ada banyak keuntungan lainnya yang bisa Anda dapat dengan memiliki legalitas. Di bawah ini, Libera.id akan menjabarkan secara rinci mengenai keuntungan mengurus Legalitas Perusahaan.

 

Perlindungan Hukum

Banyak usaha yang pada awalnya berjalan dengan mulus, namun di pertengahan jalan usaha tersebut diberhentikan secara tiba-tiba. Hal ini tentu tidak Anda inginkan sebagai seorang pengusaha bukan? Disinilah Anda harus menyadari bahwa legalitas suatu perusahaan memiliki peran penting. Di mana, dengan mengurus dan memiliki dokumen perizinan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan, Anda dapat menjalankan bisnis dengan rasa aman tanpa khawatir bisnis Anda akan dibekukan tiba-tiba oleh pemerintah.

 

Aset Pribadi Terlindungi

Pernah Anda mendengar sebuah perusahaan bangkrut dan mengalami kerugian besar? Namun pemilik ataupun pemegang saham justru masih menjalankan kehidupannya seperti biasa? Bagaimana bisa? Tentu saja hal ini memungkinkan jika Anda memiliki suatu perusahaan dalam bentuk badan hukum seperti perseroan terbatas (PT) yang dapat melindungi aset pribadi Anda.

Sebagai badan hukum, PT merupakan suatu entitas terpisah yang memiliki liabilitas dan asetnya sendiri serta dapat bertindak atas namanya sendiri layaknya manusia. Dengan mendirikan badan hukum sebagai bagian dari legalitas perusahaan, Anda tidak perlu khawatir aset pribadi akan terpakai untuk membayar utang ketika perusahaan bangkrut dan mengalami kerugian, maupun  jika perusahaan Anda tidak mampu membayar utang kepada kreditor. Lain halnya jika bisnis Anda hanya CV atau Firma yang tidak berstatus badan hukum, seluruh kerugian bisnis akan berdampak pada aset pribadi Anda, karena tidak terdapat pemisahan aset didalamnya.

 

Baca juga: Jenis-Jenis Legalitas Perusahaan yang Harus Anda Miliki

 

Mengembangkan Bisnis ke Skala Lebih Besar

Seiring perjalanan bisnis, Anda pasti berharap bisnis Anda dapat terus maju dan berkembang. Memiliki keuntungan yang terus meningkat dan  konsumen yang terus bertambah menjadi salah satu harapan semua pengusaha. Dan ketika hal ini terjadi, Anda tentu ingin melakukan ekspansi bisnis dengan membuka cabang baru untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Disinilah modal menjadi salah satu hal penting yang Anda butuhkan ketika ingin mengembangkan bisnis ke skala yang lebih besar. Dengan adanya legalitas perusahaan, akses Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha menjadi lebih mudah, baik mengajukan pinjaman lewat Bank atau mendapatkan modal dari investor baru yang nantinya akan menjadi pemegang saham di perusahaan Anda.

 

Kredibilitas Bisnis Meningkat

Mengurus legalitas bisnis juga membantu Anda meningkatkan kredibilitas bisnis di mata konsumen, rekan bisnis, supplier, investor, bank, dan sebagainya. Di mana, dengan adanya legalitas perusahaan yang jelas, bisnis Anda akan semakin dipercaya dan dianggap lebih profesional, sehingga target konsumen Anda tidak ragu lagi memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini tentu juga berpengaruh pada omzet penjualan Anda bukan?

Selain itu, dengan kredibilitas tinggi, Anda tentu juga akan lebih mudah dalam mendapatkan beberapa proyek. Karena legalitas perusahaanlah yang menjadi salah satu syarat ketika perusahaan Anda ingin mengikuti tender atau proyek, baik dari perusahaan swasta maupun pemerintah.

 

Penjualan Saham Lebih Mudah

Selain melindungi bisnis, ada keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan jika bisnis berbentuk PT, yaitu kemudahan untuk menjual atau mengalihkan saham milik Anda di perusahaan kepada pihak lainnya. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot jika suatu saat berniat untuk keluar dari bisnis ataupun jika ada pihak lain yang akan masuk sebagai pemegang saham baru. Hal ini dikarenakan Anda dapat menjual saham Anda kepada pihak lainnya. Hal ini tentu akan menguntungkan Anda, terlebih jika bisnis Anda telah jauh berkembang dan nilai perusahaan Anda tinggi, saham milik Anda pun akan bernilai lebih mahal.

 

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengantongi dokumen legalitas perusahaan. Lalu kapan sebaiknya Anda mengurus legalitas perusahaan? Ada baiknya, sebelum memulai kegiatan bisnis, Anda harus memikirkan terlebih dahulu jenis badan usaha yang tepat bagi  bisnis Anda. Kemudian, cari informasi lebih lanjut mengenai izin apa saja yang diperlukan bisnis Anda berdasarkan kegiatan usaha yang dilakukan.

Tanpa memiliki legalitas, Anda akan lebih sulit dalam menjalankan bisnis. Selain bisnis yang tidak terlindungi, tidak memiliki legalitas juga sama dengan menutup akses Anda untuk berkembang. Jadi, sebelum memulai bisnis, Anda harus segera mengurus legalitas perusahaan. Untuk mengurus legalitas perusahaan Anda dengan mudah, cepat, dan nyaman, Anda dapat memanfaatkan solusi yang ditawarkan oleh Libera.id. Libera merupakan konsultan legal yang dapat membantu Anda mengurus legalitas dan pembuatan kontrak perusahaan Anda. Libera didirikan oleh konsultan hukum lulusan perguruan tinggi terbaik dan berpengalaman lebih dari 5 tahun, sehingga seluruh kebutuhan legal Anda akan aman. Jadi tunggu apalagi? Konsultasikan kebutuhan pembuatan kontrak Anda sekarang!

Related Posts

Mengenal Tren & Cara Kerja Affiliate Marketing yang Banyak Diminati Masyarakat

Affiliate marketing menjadi salah satu strategi marketing yang sering dimanfaatkan oleh perusahaan atau bisnis untuk meningkatkan penjualan produk. Affiliate marketing berasal dari kata afiliasi sendiri bisa digambarkan sebagai jenis hubungan di mana setidaknya terdapat 2 perusahaan yang berbeda menjadi anak perusahaan dari perusahaan induk yang lebih besar di industri sama. Selain menjadi istilah dalam hubungan sebuah bisnis atau perusahaan, afiliasi juga  dapat ditemui dalam pemasaran.

Read more