Bisnis

6 Cara Menerapkan Lingkungan Kerja Nyaman di Perusahaan

Selain menjadi incaran setiap karyawan, kondisi lingkungan kerja yang nyaman, dan kondusif juga jadi hal penting dalam menentukan kesuksesan sebuah perusahaan. Semakin baik lingkungan kerja, karyawan akan semakin nyaman dan betah dalam bekerja bahkan lebih produktif. Bukan hanya itu, karyawan juga  akan mengeluarkan potensi yang dimilikinya dengan lebih baik, bukan lagi karena demi gaji saja, namun karyawan akan melakukannya demi kemajuan perusahaan nantinya.

Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja, diperlukan juga kontribusi dari seluruh bagian perusahaan bukan hanya karyawan saja namun pemimpin juga perlu ikut berkontribusi. Lantas apa yang dapat dilakukan untuk menerapkan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif, ini dia beberapa hal yang bisa dilakukan.

Merekrut Karyawan Profesional yang Memiliki Kepribadian Positif

Selain melihat dari kemampuannya, kualitas dari kepribadian karyawan cukup memengaruhi lingkungan kerja nantinya, karena orang-orang inilah yang nantinya akan bekerja dan berkontribusi dalam menciptakan lingkungan kerja nyaman. Maka dari itu, pastikan Anda merekrut karyawan yang sesuai dengan kriteria dan tujuan perusahaan agar dapat terciptanya lingkungan kerja yang nyaman dan positif. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapat calon karyawan yang memiliki kepribadian yang sesuai dengan kriteria perusahaan, Anda dapat memberikan tes MBTI untuk mengetahui apakah kandidat akan cocok menjadi bagian perusahaan atau tidak.

Menerapkan Lingkungan Kerja yang Terbuka dengan Berbagai Ide

Adanya ruang dalam menyampaikan ide juga salah satu lingkungan kerja yang positif. Hal ini dikarenakan, saat karyawan bisa berbagi ide, berdiskusi dan saling menghargai setiap ide yang keluar dari setiap individu, tentu akan terciptanya suasana kerja yang nyaman dengan begitu setiap karyawan nantinya akan saling mendukung satu sama lain dan saling bekerja sama.

Memberikan Apresiasi dan Dukungan untuk Karyawan

Jika karyawan atau tim sudah menyelesaikan proyek pekerjaan dengan baik maka Anda dapat memberikan apresiasi sederhana untuk meningkatkan kepuasaan karyawan. Selain apresiasi, saat karyawan sedang menyelesaikan sebuah proyek pekerjaan Anda dapat bantu mereka dengan memberikan dukungan dan arahan yang jelas sehingga memudahkan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan apa yang diharapkan. Orang-orang yang telah diapresiasi dan diberi dukungan ini akan terus bekerja dengan giat dan menghargai Anda karena mereka akan bangga terhadap apa yang dikerjakan dan yang telah diapresiasi.

Perhatikan Pencahayaan Ruangan Kerja Maksimal

Hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman yaitu pencahayaan ruangan yang baik dan maksimal. Dengan begitu akan memberi energi positif pada karyawan yang bekerja di ruangan. Misalnya pencahayaan alami dari sinar matahari, hal ini dapat meningkatkan fokus karyawan dalam melakukan pekerjaan. Apabila tidak memungkinkan mendapatkan cahaya alami, Anda dapat mencoba menggunakan lampu dengan nuansa biru. Lampu dengan pencahayaan biru diperxaya dapat meningkatkan mood dan mengurangi rasa lelah.

Berikan Dekorasi Kantor yang Menarik

Agar karyawan nyaman bekerja, perusahaan dapat mendekorasi kantor dan ruangan yang tidak membuat mereka seperti tidak sedang di kantor. Misalnya, sediakan ruangan yang bisa menyegarkan pikiran dan tidak mudah jenuh saat bekerja. Bisa dengan menyediakan ruangan bermain, ruang tenang, atau ruangan yang memiliki asupan udara segar untuk relaksasi agar produktivitas kerja kembali meningkat setelah bekerja seharian. 

Pastikan Kelengkapan Peralatan Kantor

Selain tata ruang yang tidak monoton, untuk menerapkan lingkungan kerja yang nyaman juga perlu menyediakan peralatan kantor yang lengkap. Seperti misalnya printer, alat tulis, mesin fotokopi, laptop, proyektor, telepon, dan lain sebagainya. Adanya kelengkapan peralatan kantor, dengan begitu karyawan dapat menyelesaikan tugas dengan efisien dan tepat waktu.

Itulah beberapa hal yang dapat diterapkan oleh perusahaan maupun karyawan untuk menerapkan lingkungan kerja yang nyaman dan lebih produktif. Dengan menerapkan hal ini, tentu bukan hanya karyawan saja yang mendapat kenyamanan namun perusahaan juga mendapat keuntungan dari produktivitas kerja karyawan yang meningkat.

Selain beberapa cara di atas perusahaan juga dapat memberikan benefit lain bagi karyawan agar produktivitas kerjanya terjaga, salah satunya dengan memenuhi setiap hak-hak karyawan. Apa saja hak-hak karyawan yang perlu dipenuhi oleh perusahaan? Bagi Anda yang belum memahami hak-hak karyawan dan masalah hukum lainnya, Anda dapat langsung konsultasikan secara online melalui LIBERA.id. Dengan LIBERA.id Anda dapat melaukan konsultasi hukum bisnis dari mana dan kapan saja secara gratis. Jadi tunggu apalagi? Percayakan permasalahan hukum bisnis Anda dengan LIBERA.

Related Posts

Kantor Modern untuk Startup & Tips Menyewa Kantor yang Perlu Diperhatikan

Dalam menjalankan suatu bisnis pasti hal pertama yang Anda butuhkan setelah perencanaan dan modal adalah tempat di mana kegiatan operasional bisnis dilakukan. Kantor menjadi hal penting yang dibutuhkan ketika bisnis Anda mulai berjalan. Namun, menyewa gedung ataupun ruko menjadi hal yang mungkin belum menjadi prioritas bagi bisnis rintisan atau bisnis startup. Dengan modal yang terbatas, kebanyakan startup tidak menganggap kantor menjadi prioritas utama dan memilih untuk mengalokasikan modalnya untuk mengembangkan produk. Namun, di era teknologi dan informasi ini, jenis kantor mulai berkembang. Anda tidak perlu lagi terpaku pada ruko atau menyewa suatu unit pada gedung perkantoran, karena Anda dapat bekerja di mana saja. Di bawah ini Libera.id akan menjabarakan beberapa jenis kantor modern yang cocok Anda gunakan untuk menjalankan bisnis beserta perjanjian sewa menyewa yang harus Anda perhatikan.

Read more

Membuat Kontrak Bahasa Inggris? Apakah Tetap Sah di Hukum Indonesia?

Tidak menutup kemungkinan bisnis Anda bisa berkembang hingga ke pasar internasional, atau mungkin saja bisnis Anda mendapatkan investor asing. Ini adalah salah satu pencapaian yang diinginkan oleh banyak pengusaha Indonesia, baik melakukan kerja sama bisnis dengan pihak asing untuk ekspansi di luar negeri atau atau mendapat pendanaan dari investor. Tentunya transaksi ini akan melibatkan pihak asing sehingga proses negosiasi dan kontrak yang dibuat pun akan dibuat dalam bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang diakui. Namun, bagaimana dengan ketentuan dan keabsahan kontrak bahasa Inggris menurut hukum Indonesia? Di artikel ini, LIBERA akan menjelaskan beberapa fakta terkait kontrak bahasa Inggris.

Read more