Pentingnya NIB Perusahaan & Langkah Mendapatkannya dengan Mudah

Memulai sebuah perusahaan di Indonesia membutuhkan berbagai perizinan, salah satu yang paling fundamental adalah Nomor Induk Berusaha (NIB) perusahaan. Ibarat kartu identitas bagi badan usaha, NIB tidak hanya menjadi bukti legalitas, tetapi juga gerbang untuk mengurus izin-izin operasional lainnya. Lantas, apa sebenarnya NIB perusahaan itu dan bagaimana langkah-langkah untuk mengurusnya?
Apa itu NIB Perusahaan?
Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah identitas resmi yang diberikan kepada pelaku usaha di Indonesia. Dengan NIB, pelaku usaha dapat mengajukan izin usaha serta izin komersial atau operasional sesuai bidang usaha masing-masing.
NIB sendiri diterbitkan oleh sistem OSS (Online Single Submission) yang digunakan sebagai tanda pengenal usaha yang wajib dimiliki oleh setiap pelaku usaha. NIB sendiri terdiri dari 13 digit angka yang dilengkapi dengan tanda tangan elektronik serta fungsi pengamanan untuk keabsahan data.
Baca Juga: Mengenal NIB dalam Sistem OSS RBA, Perlu Diupdate?
Sama halnya NIK pada tanda pengenal individu. NIB perusahaan juga telah terintegrasi sengan program jaminan sosial seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Dengan adanya NIB ini, Anda sebagai pelaku usaha bisa lebih mudah mengurus segala perizinan lain yang dibutuhkan perusahaan.
NIB sendiri berlaku selama bisnis masih berjalan dan Anda pun tidak memerlukan biaya untuk pembuatannya. Pendaftaran NIB dilakukan melalui sistem OSS sesuai ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.
Pentingnya Memiliki NIB Perusahaan
NIB sama halnya dengan NIK bagi individu. Tanpa adanya NIB, Anda sebagai pelaku usaha akan kesulitan mengurus segala perizinan bisnis. Bukan hanya itu, NIB juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut beberapa manfaat utama memiliki NIB perusahaan.
1. Meningkatkan kredibilitas dan legalitas usaha
Memiliki NIB artinya usaha Anda terdaftar secara resmi dalam sistem OSS. Hal ini tentunya dapat memperkuat kredibilitas perusahaan di mata mitra bisnis, konsumen, dan investor, sehingga dapat memudahkan Anda mengakses peluang kerjasama strategis dalam berbagai program bisnis.
2. Mempermudah pengurusan perizinan
NIB berfungsi sebagai identitas tunggal untuk berbagai izin usaha yang dibutuhkan perusahaan, seperti izin lokasi, izin lingkungan, hingga izin komersial. Hal ini sangat relevan jika usaha Anda sering terlibat dalam event besar atau produksi barang yang membutuhkan regulasi khusus.
3. Memperbesar akses pendanaan dan dukungan pemerintah
Lembaga keuangan membutuhkan NIB sebagai syarat pengajuan pinjaman. Dengan NIB, perusahaan memiliki akses lebih besar untuk mendapatkan modal kerja dari lembaga keuangan atau program pembiayaan pemerintah.
4. Perlindungan hukum
NIB dapat memberikan perlindungan hukum yang lebih kuat dari pemerintah, misalnya dalam sengketa hukum yang berkaitan dengan hak cipta atau masalah perdata. NIB ini berlaku seumur hidup usaha namun perlu diperbarui jika ada perubahan data.
5. Ikut berpartisipasi dalam program pemerintah
Berbagai program bantuan, pelatihan, dan event bisnis yang diselenggarakan pemerintah membutuhkan NIB sebagai syarat. Program ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha, terutama UMKM untuk meningkatkan daya saing di pasar domestik dan internasional.
Langkah Mendapatkan NIB
Bagi Anda yang berencana memiliki usaha dan ingin mengurus NIB perusahaan dengan segera, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lalui untuk mendapatkan NIB dilansir dari Kominfo.
1. Identifikasi bentuk usaha
Sebelum memulai proses pendaftaran NIB, Anda harus memahami dengan jelas bentuk usaha Anda. Apakah Anda beroperasi sebagai perorangan, UMKM, atau entitas usaha seperti PT, CV, atau Koperasi dan dengan modal asing atau dalam negeri?
2. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan
Setelah memutuskan bentuk usaha yang ingin dijalankan, maka langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran NIB seperti:
- Nomor KTP atau NIK dari Penanggung Jawab Usaha.
- Dokumen pengesahan badan usaha dari Kementerian Hukum dan HAM bagi badan usaha yang berbentuk PT, yayasan, CV, atau koperasi, yang dapat dilakukan melalui AHU Online.
- Dasar hukum pembentukan badan usaha bagi badan usaha yang berupa BUMN, perum, atau lembaga penyiaran.
- Bukti pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan atau BPJS Kesehatan.
- Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) jika akan menggunakan tenaga kerja asing.
Sebelum mendaftar NIB, pastikan Anda telah menyiapkan data-data penting lain termasuk:
- Nama, NIK, alamat tinggal, dan bidang usaha Anda.
- Lokasi penanaman modal dan besaran rencana penanaman modal
- Nomor kontak usaha dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) jika Anda pelaku usaha perseorangan.
- Rencana permintaan fasilitas fiskal, kepabeanan, dan/atau fasilitas lainnya.
Baca Juga: Syarat & Prosedur yang Perlu Anda Persiapkan dalam Pembuatan NIB
3. Daftar Melalui OSS
Setelah semua dokumen siap, Anda dapat melakukan pendaftaran NIB melalui sistem OSS (Online Single Submission) di https://oss.go.id/. Pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan mengisi formulir yang disediakan dan mengunggah dokumen yang diperlukan.
Setelah berhasil memperoleh NIB, langkah berikutnya adalah mendapatkan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional yang berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia.
Pastikan bahwa seluruh dokumen dan data yang Anda perisapkan sudah lengkap dan sesuai persyaratan yang ditetapkan. Dengan NIB dan izin yang sesuai, kegiatan bisnis dapat berjalan lebih lancar tanpa hambatan di kemudian hari. Dengan memiliki NIB, Anda sebagai pelaku usaha dapat mengakses berbagai izin dan fasilitas yang diperlukan untuk menjalankan bisnisnya.
Bagi Anda yang ingin mengurus NIB dan dokumen perizinan lainnya, Anda bisa memanfaatkan layanan hukum dari Libera. Dengan Libera, Anda bisa mendapatkan kemudahan dalam mengurus segala perizinan yang dibutuhkan bisnis, termasuk mengurus NIB. Jadi tunggu apalagi? Mulai percayakan segala urusan hukum bisnis Anda bersama Libera.
Tags: apa itu nib, cara membuat nib, Langkah membuat NIB, manfaat NIB, mengurus NIB, nib, nib adalah, nib perusahaan, prosedur NIB