BisnisStartup

Hindari Risiko Bisnis dengan Pelatihan Hukum ke Manajemen & Karyawan

Hukum bisnis menjadi salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika menjalankan sebuah bisnis. Dengan adanya hukum bisnis, maka Anda bisa mengatur dan melindungi bisnis dari berbagai risiko bisnis yang mungkin terjadi di masa depan. Namun, memahami hukum dalam dunia bisnis tidaklah mudah, apalagi bagi orang yang bukan dari dunia bisnis. Meski begitu, memahami hukum bisnis sangat diperlukan, khususnya bagi pemilik bisnis ataupun pihak manajeman. Untuk itu, penting adanya pelatihan hukum yang berguna untuk menghindari risiko dan solusi atas penyelesaian sengketa yang mungkin terjadi. 

Di bawah ini, LIBERA akan menjelaskan beberapa alasan pentingnya dilakukan pelatihan hukum bagi pemilik bisnis maupun pihak manajemen dalam suatu perusahaan.

Pentingnya Pelatihan Hukum bagi Bisnis

Memahami hukum bisnis bisa membantu perusahaan atau bisnis mengurangi risiko bisnis seperti penipuan, wanprestasi, dan sebagainya. Selain itu, ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dengan dilakukannya pelatihan hukum seperti:

1. Meningkatkan Wawasan Hukum

Dengan adanya pelatihan hukum, maka Anda, pihak manajemen, dan karyawan bisa menambah wawasan hukum. Anda bisa memahami dasar-dasar hukum dalam bisnis. Bagi pemilik bisnis, pelatihan ini juga bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan dan keahlian seputar bisnis yang berhubungan dengan hukum. Sehingga, kegiatan bisnis bisa berjalan lancar tanpa melanggar aturan yang berlaku.

2. Meningkatkan Efektivitas Operasional

Secara tidak langsung, pelatihan ini juga membantu meningkatkan efektivitas operasional bisnis. Pelatihan ini juga bisa melindungi kepentingan bersama antara pihak perusahaan dan konsumen, pihak perusahaan dan karyawan, hingga pihak perusahaan dan investor. Selain itu, memberikan pelatihan ke karyawan juga bisa membuat produktivitas mereka meningkat, di mana karyawan yang dilibatkan secara langsung akan merasa lebih percaya diri sehingga nantinya mereka akan memberikan kinerja yang maksimal. Mereka juga bisa lebih mudah memahami aturan bisnis, khususnya yang terkait dengan perusahaan.

3. Beradaptasi dengan Regulasi Terbaru

Aturan atau kebijakan hukum sering mengalami perubahan ketika dibutuhkan. Biasanya, kebijakan akan berubah ketika hukum sudah tidak sesuai kondisi saat ini maupun adanya perubahan signifikan dalam bisnis tertentu. Dengan mengikuti pelatihan hukum, perusahaan Anda bisa beradaptasi dengan regulasi hukum terbaru.

4. Mengidentifikasi Potensi Sengketa yang Mungkin Terjadi di Masa Depan

Pelatihan ini juga berguna untuk menghindari sengketa yang mungkin terjadi di masa depan. Umumnya, sengketa dalam bisnis berupa masalah ketenagakerjaan, lahan, lingkungan, hingga masalah keluarga jika bisnis yang merupakan milik keluarga. Dengan mengikuti pelatihan maka Anda bisa mulai mengidentifikasi risiko hukum yang mungkin terjadi di masa mendatang. 

5. Memahami Fungsi & Tanggung Jawab Perusahaan

Pelatihan ini juga bisa membantu meningkatkan pemahaman atas fungsi dan tanggung jawab perusahaan. Terkadang saat bisnis berjalan, ada banyak pemilik bisnis atau pihak manajemen tidak memahami fungsi dan tanggung jawab perusahaan. Jika dibiarkan berlarut-larut, maka bisa berbahaya dan berdampak pada kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri.

Jenis-Jenis Pelatihan Hukum

Setelah memahami pentingnya pelatihan hukum, kini saatnya Anda mengetahui jenis-jenis pelatihan hukum apa saja yang bisa Anda lakukan dan ikuti. Di bawah ini adalah beberapa jenis pelatihan yang bisa diikuti perusahaan dan karyawan didalamnya.

  1. Pelatihan ketenagakerjaan dan hubungan industri: Pelatihan ini mencakup permasalahan hukum ketenagakerjaan dan hubungan industri seperti peraturan kerja atau standar gaji yang perlu diberikan perusahaan ke karyawannya.
  2. Pelatihan dan Sertifikasi Governance Risk Compliance Professional (GRCP): Pelatihan ini akan mengajarkan cara merancang, melaksanakan, dan meningkatkan kemampuan GRC dalam perusahaan. Pelatihan ini dikhususkan untuk organisasi nirlaba
  3. Pelatihan perdagangan internasional: Pelatihan ini mencakup pengetahuan terkait peraturan global yang mencakup kegiatan ekspor-impor.
  4. Pelatihan kontrak konstruksi: Pelatihan ini akan memberikan edukasi dan menginformasikan regulasi yang membantu Anda membuat  kontrak konstruksi.
  5. Pelatihan hak kekayaan intelektual: Pelatihan ini menyangkut perlindungan HKI seperti logo ataupun merek. Sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk melindungi bisnisnya dari perusahaan lain yang ingin meniru.
  6. Pelatihan pengadaan barang dan jasa: Pelatihan yang memberikan edukasi mengenai alur proses pengadaan barang dan jasa sesuai peraturan yang berlaku.
  7. Pelatihan lingkungan: Pelatihan ini akan memberikan informasi mengenai regulasi dan peraturan perusahaan di bidang lingkungan hidup.
  8. Pelatihan pelaporan keberlanjutan sesuai dengan amanah OJK
  9. Pelatihan penanganan perkara Litigasi: Pelatihan yang membantu perusahaan untuk siap menghadapi perkara-perkara hukum yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Selain itu, masih ada lagi jenis pelatihan hukum yang bisa diikuti sesuai kebutuhan perusahaan. Dengan memahami pelatihan hukum, maka Anda bisa menjalankan bisnis sesuai dengan aturan yang berlaku. Sehingga bisnis tidak dianggap ilegal dan mengurangi risiko pelanggaran yang nantinya akan berdampak pada pemberian sanksi, baik denda, penjara, hingga pencabutan izin usaha. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hukum bisnis, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan LIBERA.id. Selain memberikan konsultasi secara gratis, Anda juga bisa memanfaatkan layanan outsourced legal dari LIBERA. Sehingga, Anda bisa mengurangi risiko yang mungkin terjadi karena tidak adanya pengetahuan hukum bisnis.

Related Posts

Miliki 5 Kontrak Ini Jika Ingin Bisnis Anda Terlindungi oleh Hukum

Banyak pemilik bisnis, khususnya bisnis startup dan UMKM terjerat kasus hukum karena kurangnya pemahaman mengenai praktik hukum. Menjalankan bisnis berarti Anda juga harus memahami hukum yang berlaku didalamnya, termasuk jenis-jenis dokumen yang perlu Anda perhatikan agar bisnis terlindungi dari risiko perselisihan yang dapat timbul di kemudian hari. Hukum dalam bisnis berfungsi untuk membantu bisnis Anda agar berjalan dengan lancar, tertib, dan aman. Jadi, memahami dan menjalankan bisnis sesuai hukum yang berlaku menjadi hal wajib yang harus Anda lakukan ketika ingin memulai bisnis. Dengan begitu, Anda dapat menjalankan bisnis dengan lebih aman dan meminimalisir risiko kerugian. Salah satu proses hukum yang harus Anda lakukan dalam menjalankan bisnis adalah membuat kontrak bisnis.

Read more