Mengenal Program Afiliasi dan Pentingnya Perjanjian Afiliator

Mengenal Program Afiliasi dan Pentingnya Perjanjian Afiliator Bisnis

Sebagai pebisnis tentu Anda ingin selalu memanfaatkan peluang demi pertumbuhan bisnis. Salah satu program marketing yang bisa membantu Anda mengembangkan bisnis sekaligus meningkatkan penghasilan adalah program afiliasi. Program ini memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan jaringan dan audiens pihak ketiga (afiliator) untuk mempromosikan produk atau layanan yang kita pasarkan. Ini adalah model bisnis yang berpotensi menghasilkan keuntungan signifikan dengan modal yang relatif lebih rendah dibandingkan strategi pemasaran tradisional.

Apa itu program afiliasi?

Dilansir dari Lifepack, program afiliasi adalah sistem pemasaran yang dilakukan oleh suatu bisnis. Di mana, dalam program afiliasi seorang afiliator akan menyebarkan link produk dari bisnis tersebut. Sebagai imbalan, afiliator akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang dilakukan melalui link yang sudah disebarkan. Ketika link sudah tersebar dan terjadi transaksi dari link tersebut, maka pemilik link atau afiliator akan mendapatkan komisi yang terus berjalan sebagai passive income.

Program ini menjadi sistem pemasaran yang saling menguntungkan antara pemilik bisnis dan anggota dari program tersebut. Besaran komisi sangatlah beragam untuk setiap brand dan sistem sesuai ketentuan yang berlaku, tergantung ketentuan dari masing-masing pebisnis.

Artinya, Anda sebagai pemilik bisnis lebih fleksibel mengatur komisi bagi afiliator yang ingin mempromosikan brand. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk pemasaran jika tidak terjadi transaksi penjualan, sehingga Anda hanya membayarkan komisi dari setiap produk yang berhasil dijual oleh afiliator. Hal inilah yang membuat biaya marketing Anda bisa lebih efisien.

Program afiliasi saat ini juga telah tersedia di beberapa platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, hingga Tiktok Shop. Dengan begitu, Anda pun bisa semakin luas memanfaatkan beberapa platform penjualan yang Anda miliki. Namun pastikan untuk memahami syarat ketentuan program afiliasi ini, pasalnya masing-masing platform memiliki beberapa ketentuan yang berbeda.

Baca Juga: Mengenal Tren & Cara Kerja Affiliate Marketing yang Banyak Diminati Masyarakat 

Manfaat bisnis menggunakan program afiliasi

Program afiliasi adalah program marketing yang memanfaatkan bantuan eksternal link untuk menyebarkan produk dan layanan perusahaan. Untuk menyukseskan program ini, perusahaan membutuhkan bantuan afiliator yang memiliki jaringan sosial media luas untuk memperluas pasar dan memperkenalkan produk yang dipasarkan. Dilansir dari Lifepack, berikut beberapa manfaat bisnis memanfaatkan program afiliasi?

1. Memperluas akses ke pasar dan target audiens

Ketika menjalankan bisnis, tentu Anda berharap bisa memperluas pasar demi menjangkau audiens yang lebih banyak. Dengan memanfaatkan program afiliasi, Anda bisa mendapatkan akses ke pasar dan audiens yang lebih luas lagi. Afiliator dengan jaringan sosial yang luas akan membantu Anda memperkenalkan produk dan layanan yang Anda pasarkan ke audiens baru.

Biasanya, afiliator akan membuat konten dalam bentuk video yang didalamnya disertai dengan link untuk mengajak jaringan sosialnya untuk membeli produk atau jasa yang Anda jual. Karena semakin banyak orang yang klik link tersebut dan melakukan transaksi, maka semakin banyak juga komisi yang akan mereka dapatkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan para afiliator ini untuk membantu perusahaan memperluas pasar dan audiens lebih luas lagi.

2. Meningkatkan brand awareness

Salah satu tujuan program afiliasi adalah akan membantu meningkatkan brand awareness dengan jaringan sosial yang luas. Semakin besar brand awareness, maka semakin meningkat juga angka pembeli potensial. Selain itu, kerjasama antara brand dan afiliator juga akan menunjukkan jika brand memiliki identitas yang baik dan dapat dipercaya, sehingga audiens pun tidak akan ragu untuk membeli produk yang direkomendasikan oleh afiliator.

Namun perlu diingat juga bahwa reputasi afiliator memiliki peranan penting untuk membangun kepercayaan dengan calon pelanggan. Di samping itu, tingkat jangkauan dan niche dari afiliator juga akan berpengaruh.

3. Biaya promosi lebih rendah

Salah satu pengeluaran terbesar marketing adalah biaya iklan atau biaya promosi. Dengan memanfaatkan program afiliasi, Anda bisa mengiklankan produk tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Jika dibandingkan dengan strategi iklan lainnya, tujuan program afiliasi ini adalah membuat iklan yang jauh lebih hemat biaya. Pendaftaran dan pelaksanaan afiliasi pada dasarnya bebas biaya dan afiliator hanya dibayar sesuai kinerja link mereka, sehingga Anda hanya perlu menyiapkan struktur komisi terlebih dahulu sejak awal. Dengan begitu, perusahaan dapat menghindari pemborosan uang untuk kampanye iklan mungkin tidak efektif dan memiliki risiko lebih tinggi.

4. Meningkatkan konversi

Setiap afiliator memiliki niche dan jejaring sosial media yang berbeda. Dari banyaknya konsumen yang menggunakan link afiliator, sebagai perusahaan Anda dapat melacak kinerja untuk setiap sosial media dan metode yang telah dilakukan. Laporan kinerja ini dapat membantu brand untuk melakukan peningkatan operasional di masa depan.

Dengan menganalisis data tersebut, Anda bisa membuat strategi afiliasi yang paling cocok dengan bisnis Anda sehingga nantinya konversi brand meningkat. Gunakan data tersebut untuk memperbaiki situs baik, membuat materi iklan yang lebih menarik, dan mengidentifikasi metode sosial media yang dapat memberikan pendapatan terbanyak. 

5. Mendapatkan laba atas investasi (ROI) yang berisiko rendah

Return of Investment (ROI) adalah sistem ukuran kinerja untuk mengevaluasi efisiensi investasi atau membandingkan efisiensi sejumlah investasi yang berbeda. Penentuan ROI dalam menjalankan marketing campaign dapat menjadi tantangan besar dan berisiko tinggi.

Program afiliasi yang berbasis kinerja link memiliki rasio investasi dan laba rugi yang berisiko lebih rendah dibandingkan program lainnya. Anda tidak perlu membayar calon pembeli dan hanya perlu membayar afiliator ketika link sudah digunakan untuk melakukan transaksi. Selain biaya pemasaran yang lebih mudah dan murah, rasio pendapatan laba akan jauh lebih banyak karena link disebarkan secara lebih personal.

Persiapkan Program Afiliasi dengan Perjanjian Kerjasama Afiliator

Program affiliate marketing bukan hanya berdampak baik bagi perusahaan, namun juga melahirkan profesi baru di dunia digital. Oleh karena itu, sebagai perusahaan yang ingin memanfaatkan program afiliasi, Anda juga perlu membuat perjanjian kerjasama afiliator yang dapat melindungi bisnis dari risiko di kemudian hari.

Perjanjian afiliator ini berisi mengenai kesepakatan dan syarat ketentuan terkait program afiliasi. Kesepakatan ini mencakup hal-hal seperti tingkat komisi, metode pembayaran, jenis tindakan yang dihitung sebagai konversi, batas waktu dan wilayah geografis, dan tanggung jawab masing-masing pihak.

Dalam perjanjian tersebut, setidaknya Anda harus membuat klausul mengenai syarat dan ketentuan program afiliasi yang berisi berbagai hal penting seperti:

  • Penjelasan mengenai program afiliasi
  • Masa berlaku dan pengakhiran program afiliasi
  • Hak dan kewajiban
  • Imbal hasil yang dapat diterima
  • Kerahasian data dan informasi

Dalam affiliate marketing agreement, advertiser dan afiliator perlu  menyepakati persyaratan yang jelas dan terperinci untuk menghindari potensi konflik dan kebingungan di kemudian hari. Kesepakatan ini berfungsi sebagai dasar hukum untuk program afiliasi yang dijalankan kedua belah pihak, serta memastikan seluruh ketentuan yang disepakati adil dan sesuai hukum yang berlaku.

Affiliate marketing agreement atau perjanjian afiliator dapat disusun dalam bentuk kontrak atau perjanjian tertulis lainnya, serta harus disepakati dan ditandatangani oleh kedua belah pihak sebelum program dimulai. Setelah kesepakatan disetujui dan ditandatangani, seluruh pihak wajib mematuhi semua syarat dan ketentuan yang telah disepakati untuk memastikan keberhasilan program afiliasi.

Baca Juga: Mengenal Pentingnya Influencer Marketing Sebagai Strategi Bisnis 4.0

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan program afiliasi dan membutuhkan perjanjian afiliator yang sesuai dengan hukum berlaku, Anda bisa memanfaatkan layanan hukum tepercaya dari Libera.

Libera sebagai layanan hukum bisnis tepercaya dapat membantu Anda membuat perjanjian kerjasama afiliator dengan lebih fleksibel, transparan, dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir mengenai risiko bisnis yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Selain membantu membuat perjanjian kerjasama afiliator, Libera juga bisa membantu Anda dalam menyiapkan berbagai perjanjian bisnis lainnya. Jadi tunggu apalagi? Konsultasikan kebutuhan hukum bisnis Anda bersama Libera sekarang!