Bisnis

Ingin Punya Bisnis yang Terus Berkembang? Ini Tips Memulai Bisnis yang Tepat Bagi Pemula

Banyak orang yang ingin memulai bisnis dan mendapatkan penghasilan dari bisnis tersebut. Namun, memulai bisnis bagi pemula tidaklah semudah yang banyak dibicarakan. Ada banyak risiko yang mungkin menghantui. Oleh karena itu, ketika ingin memulai bisnis, Anda perlu wawasan dan pengetahuan untuk melakukannya, bukan hanya sekadar mempersiapkan modal.

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan mental yang kuat agar bisa terhindar dan menyelesaikan berbagai masalah yang datang ketika sedang berbisnis. Dengan mental yang kuat, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan lebih baik. Nah, agar Anda mampu menghadapi berbagai risiko dan mengembangkan bisnis dengan baik, di bawah ini adalah beberapa tips memulai bisnis yang bisa Anda lakukan.

Mulai Dari Bisnis Kecil

Di awal perjalanan memulai bisnis, biasanya pemula masih belum berani mengambil risiko bisnis. Oleh karena itu, di awal perjalanan bisnis, Anda bisa coba membuka bisnis kecil-kecilan seperti menjadi reseller, jual baju online dan sebagainya. Anda akan mulai paham dan dipaksa belajar mengelola bisnis kecil-kecilan untuk bisa peka terhadap kebutuhan pasar.

Miliki Wawasan Bisnis

Belajar bisa dilakukan kapan pun di mana pun dan melalui media apapun. Sama halnya ketika Anda ingin merintis bisnis, Anda harus memiliki pengetahuan di bidang tersebut. Apalagi di era teknologi seperti sekarang, Anda bisa dengan mudah  mengakses ilmu bisnis melalui artikel, podcast, video YouTube dan sebagainya. Pastikan juga Anda tetap membaca buku agar membuka jendela pengetahuan semakin luas. Ada banyak buku yang ditujukkan untuk pebisnis.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti seminar kewirausahaan baik yang dilakukan secara offline maupun online. Ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan ilmu dari pebisnis andal yang sudah profesional.

Miliki Growth Mindset

Pola pikir menjadi kunci penting yang membantu seorang pebisnis mencapai kesuksesannya. Ketika Anda ingin sukses menjalankan bisnis, Anda harus memiliki growth mindset. Seseorang dengan growth mindset biasanya percaya bahwa kemampuan dapat dikembangkan melalui dedikasi dan kerja keras. Orang dengan pola pikir ini cenderung menghargai proses daripada hanya melihat hasil akhir saja. Mereka lebih menerima tantangan dan akan melihatnya sebagai peluang untuk terus berkembang.

Lakukan Penelitian Bisnis

Penelitian bisnis penting untuk dilakukan agar Anda lebih mengenal konsumen dan bisnis yang akan jalankan. Membuka dan memproduksi barang yang memang dibutuhkan masyarakat tentu memiliki peluang lebih besar untuk dicari-cari konsumen.

Anda bisa melakukan penelitian secara online atau terjun langsung ke lapangan. Dengan begitu, Anda bisa langsung mencari data yang dibutuhkan untuk membantu Anda membuat konsep desain produk dan teknik pemasaran yang cocok digunakan.

Perluas Circle Pertemanan

Dengan memperluas circle pertemanan, Anda akan menemukan peluang baru, mempelajari sesuatu dari orang tersebut seperti bagaimana mereka mengelola bisnis, menyelesaikan masalah dan mengelola keuangan. Anda bisa mulai berteman dengan pebisnis pemula yang ada di sekitar. Anda juga bisa memperluas jaringan dengan mencoba menghadiri beberapa acara networking bisnis. 

Memahami Cara Mendapatkan dan Mempertahankan Konsumen

Ketika Anda ingin sukses menjalankan bisnis yang dimulai dari awal, maka Anda perlu mengetahui cara mendapatkan konsumen yang tepat untuk bisnis Anda. Misalnya, barang yang akan Anda jual adalah smartwatch, maka target konsumen Anda adalah perempuan atau laki-laki usia 25 tahun.

Selain mengetahui cara mendapatkan pelanggan, Anda juga perlu mengetahui cara mempertahankan pelanggan agar terus memilih membeli barang pada bisnis Anda. Bisa dengan mendengar keluhan mereka, meminta penilaian mereka, dan tentunya melayani mereka sebaik mungkin.

Itulah beberapa tips memulai bisnis bagi pemula agar bisa menjalankan dan mengembangkan bisnis dengan tepat. Selain tips di atas, pastikan juga untuk mempersiapkan legalitas bisnis agar bisnis berjalan dengan lebih baik.

Bukan hanya sebagai salah satu bentuk taat hukum, legalitas juga bisa membantu Anda menjalankan bisnis dengan maksimal dan membantu Anda terhindar dari berbagai masalah hukum di kemudian hari.

Bagi Anda yang ingin mengurus perizinan dan legalitas bisnis, Anda bisa memanfaatkan layanan hukum bisnis profesional dari LIBERA.id. Dengan LIBERA.id, Anda bisa mengurus berbagai masalah hukum bisnis dan perizinan usaha dengan lebih mudah, cepat, dan aman. Dengan begitu, Anda bisa fokus pada rencana perkembangan bisnis. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan layanan hukum bisnis bersama LIBERA sekarang!

Related Posts

Prosedur yang Harus Dilalui untuk Mengajukan Perjanjian Lisensi

Pernahkah Anda mendengar perjanjian lisensi? Mungkin bagi Anda yang memiliki bisnis di industri kreatif, perjanjian ini cukup familiar bagi Anda. Di mana, perjanjian ini telah diatur dalam UU tentang hak kekayaan intelektual di Indonesia, baik merek, hak cipta, rahasia dagang, paten, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu, dan varietas tanaman. 

Read more

Mengenal Jenis, Penyebab, dan Prosedur Likuidasi Perusahaan

Istilah likuidasi seringkali ramai dibicarakan ketika ada pemberitaan mengenai konflik sebuah perusahaan. Lukuidasi atau pembubaran perusahaan bisa menimpa perusahaan manapun. Umumnya, kondisi likuidasi ini sering disandingkan dengan kebangkrutan yang terjadi ketika perusahaan tidak lagi mampu membayar sejumlah utang kepada pemberi utangnya. Kebangkrutan ini biasanya terjadi melalui dua proses, pertama sukarela diajukan oleh pemilik bisnisnya atau yang kedua dilakukan secara paksa diajukan oleh kreditur.

Read more