StartupTeknologi

UMKM Go Digital, Bagaimana Cara Tepat Menerapkannya?

Hampir semua bisnis, baik bisnis kecil maupun besar sudah memanfaatkan teknologi. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan perusahaan dengan memanfaatkan teknologi. Mulai dari mempermudah promosi dan pemasaran, menghemat waktu dan biaya, bisnis bisa lebih produktif, meningkatkan pelayanan, dan masih banyak lagi. Banyaknya manfaat inilah yang membuat pemerintah Indonesia membuat program UMKM go digital.

Program ini dicanangkan untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam menjalankan bisnis mereka. Dengan adanya program ini diharapkan UKM dapat meningkatkan efisiensi bisnis, meningkatkan akses pasar, hingga meningkatkan daya saing bisnis. 

Lalu bagaimana cara menerapkan UMKM digital bagi bisnis Anda? Berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk memulai bisnis go digital.

Miliki website atau toko online 

Untuk go digital, Anda bisa coba mulai dengan mempromosikan produk atau layanan melalui website atau toko online sendiri. Jangan asal memiliki website, Anda juga perlu memerhatikan website yang kamu miliki terlihat menarik dan mudah digunakan oleh pengunjung.

Untuk membuat website bisnis UMKM, Anda dapat menentukan terlebih dulu tujuan dari website tersebut. Ini akan membantu Anda menentukan jenis website yang dibutuhkan dan bagaimana cara terbaik untuk mempromosikannya.

Anda bisa coba memilih platform pembuatan website, mulai dari WordPress, Shopify, atau WooCommerce. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda, jadi pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan bisnis sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Setelah itu, Anda bisa membeli nama domain dan hosting. Nama domain adalah alamat website (seperti www.tokobajubiru.com), sedangkan hosting adalah tempat di mana website disimpan dan diakses pengunjung. Beberapa platform menawarkan domain dan hosting secara gratis, namun ada juga yang memerlukan pembelian terpisah.

Mulai manfaatkan media sosial

Di zaman serba canggih seperti saat ini, Anda wajib memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan. Cobalah mulai dengan membuat akun di beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok dan Twitter, kemudian buatlah postingan yang menarik untuk mempromosikan produk atau layanan kamu.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan media sosial untuk UMKM.

1. Buat akun media sosial sesuai bisnis Anda

Pilihlah platform media sosial yang sesuai target market Anda dan jenis produk atau jasa yang ditawarkan. Misalnya, Instagram lebih cocok untuk usaha yang menjual produk visual seperti baju, sepatu, dan sebagainya, sedangkan LinkedIn lebih cocok untuk bisnis profesional.

2. Buat konten yang menarik dan bermanfaat

Pastikan untuk membuat konten yang menarik dan bermanfaat bagi target market Anda. Misalnya dalam bentuk foto produk/jasa, tips dan trik yang sesuai bisnis, atau informasi promosi, dan sebagainya.

3. Interaksi dengan audiens

Jangan hanya memposting konten, namun pastikan juga untuk terlibat dan bersikap responsif terhadap pertanyaan dan komentar yang diberikan audiens. Ini akan membantu membangun hubungan lebih baik dengan pelanggan.

4. Gunakan hashtags yang sesuai

Hashtags adalah cara yang efektif untuk meningkatkan visibilitas konten di media sosial. Pilihlah hashtags yang relevan dengan bisnis seperti menggunakan hashtags populer yang sering digunakan audiens.

5. Promosikan produk/jasa secara teratur

Jangan hanya mempromosikan produk atau jasa sekali saja, naun pastikan untuk terus mempromosikannya secara teratur agar audiens tidak lupa bahwa produk Anda selalu tersedia. Anda juga bisa memanfaatkan fitur iklan di media sosial untuk memperluas jangkauan promosi bisnis.

Gunakan platform e-commerce

Gunakan platform e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee untuk menjual produk secara online. Pastikan untuk memahami syarat ketentuan yang berlaku di masing-masing platform tersebut.

Jangan asal menggunakan platform juga, namun Anda juga perlu membuat dan mendesain toko online di e-commerce tersebut. Misalnya dengan menambahkan foto dan deskripsi produk yang jelas agar pengunjung dapat dengan mudah memahami apa yang dijual. Pastikan juga untuk menambahkan informasi tentang bisnis seperti alamat dan kontak, agar pelanggan dapat menghubungi bisnis dengan mudah.

Gunakan aplikasi pembayaran online

Di zaman digital ini banyak orang yang mulai menghindari untuk membayar secara tunai. Jadi cobalah tawarkan metode pembayaran online kepada pelanggan. Misalnya dengan memanfaatkan layanan QRIS, e-wallet, Debit, dan sebagainya. Ini akan memudahkan pelanggan untuk membayar produk atau layanan yang ditawarkan.

Selain itu, cobalah integrasikan aplikasi pembayaran online ke bisnis. Cara ini bisa berbeda tergantung pada aplikasi pembayaran online yang dipilih dan jenis bisnis yang dijalankan. Misalnya, jika Anda memiliki toko online, Anda dapat menambahkan tombol pembayaran di website atau menggunakan QR code yang dapat dibaca oleh aplikasi pembayaran online.

Gunakan sistem manajemen inventory & penjualan

Untuk membuat bisnis lebih produktif dan efisien, pastikan juga untuk menggunakan sistem manajemen inventori dan penjualan yang mempermudah Anda dalam mengelola stok produk, mencatat penjualan, dan mengelola pembayaran pelanggan. 

Pelajari tentang digital marketing 

Digital marketing menjadi salah satu hal wajib yang perlu dipelajari dan diketahui bagi pemilik UMKM. Dengan memahami ilmu digital marketing, Anda bisa lebih mudah mempromosikan bisnis secara online, termasuk teknik SEO, email marketing, dan advertising di Google. Untuk mempelajarinya pun cukup mudah, Anda bisa coba membaca buku atau artikel tentang digital marketing atau mengikuti seminar atau workshop yang sering dilakukan secara online

Perhatikan privacy policy sebagai perjanjian digital

Ketika Anda membuat website atau aplikasi untuk mempromosikan atau menjual bisnis, pastikan juga untuk memerhatikan privacy policy atau kebijakan privasi. Ini merupakan salah  satu halaman yang wajib ada dalam website atau platform digital lainnya. Di dalam halaman privacy policy ini biasanya terdapat berbagai kebijakan menyangkut website atau software terutama menyangkut data pengguna, dan kebijakan mengenai bagaimana sebuah website mengelola informasi dan data-data para pengunjung.

Baca Juga: Pentingnya Privacy Policy sebagai Halaman Perjanjian Digital dalam Website 

Dengan adanya privacy policy yang jelas, maka Anda telah memberikan rasa aman untuk pengguna maupun pemilik website, karena keduanya mendapat perlindungan secara legal. Dengan kata lain, siapa pun yang mengunjungi website dapat mengetahui apa saja data pribadi mereka yang disimpan dan untuk apa data tersebut digunakan.

Bagi Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pembuatan Privacy Policy, Anda dapat melakukan konsultasi secara gratis dengan mendaftar di Libera.id. Selain itu, Libera akan membantu Anda dalam penyusunan Kebijakan Privasi untuk keperluan website bisnis.

Jadi tunggu apalagi? Segera buat Privacy Policy perusahaan Anda sekarang juga dengan tim profesional di LIBERA.

Related Posts

Sistem OSS Mempermudah Anda Mengurus Perizinan Usaha Secara Online

Pada tahun 2017, Kementerian Koperasi dan UKM melansir data olahan BPS yang menunjukan bahwa adanya pertambahan jumlah pengusaha dari sebelumnya 1,6% menjadi 3,1% dari jumlah populasi. Terlebih dengan perkembangan digital yang semakin pesat, peluang berbisnis pun semakin besar dengan terbukanya akses untuk mencapai target pasar. Namun, meningkatnya pertumbuhan angka pengusaha di Indonesia tidak dibarengi dengan meningkatnya pengurusan legalitas usaha. Di mana, banyak pengusaha baru yang belum mengurus legalitas bisnisnya dengan dalih ribet dan menghabiskan banyak waktu.

Read more

Pentingnya Privacy Policy sebagai Halaman Perjanjian Digital dalam Website

Seiring berkembangnya internet di era digital saat ini, banyak perusahaan maupun pelaku bisnis berlomba-lomba membuat perusahaan mereka dikenal oleh banyak orang dengan menggunakan website. Bahkan, bukan hanya untuk dikenal namun juga memanfaatkan website untuk sarana transaksi penjualan produk perusahaan. Website dianggap penting karena dapat menampilkan profil perusahaan secara lengkap  serta dapat memberikan informasi terbaru secara cepat yang mana dapat diakses semua orang kapan pun dan di mana pun.
Read more