Perlukah Melakukan Perubahan KBLI? Apa Dampak & Hal yang Perlu Diperhatikan
Perubahan KBLI perusahaan menjadi dinamika bisnis yang tidak bisa terhindarkan, terutama ketika bisnis yang dijalankan terus berkembang. Bagi perusahaan, pemahaman dan adaptasi terhadap perubahan KBLI perusahaan bukan hanya sekadar pemenuhan regulasi, melainkan menjadi langkah strategis untuk memastikan operasional yang sesuai, identifikasi peluang bisnis baru, dan menghindari potensi sanksi.
Apa itu KBLI?
Dilansir dari situs resmi OSS, KBLI adalah adalah pengklasifikasian aktivitas/kegiatan ekonomi Indonesia yang menghasilkan produk/output, baik berupa barang maupun jasa, berdasarkan lapangan usaha untuk memberikan keseragaman konsep, definisi, dan klasifikasi lapangan usaha dalam perkembangan dan pergeseran kegiatan ekonomi di Indonesia.
KBLI sendiri berfungsi untuk menyeragamkan aktivitas usaha di Indonesia menjadi sebuah klasifikasi yang bisa digolongkan. Standarisasi ini nantinya akan menjadi acuan untuk pendaftaran legalitas seperti di Akta Perusahaan ataupun NIB (Nomor Induk Berusaha).
Alasan Dilakukan Perubahan KBLI Perusahaan
Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, penambahan atau KBLI perusahaan bisa saja terjadi untuk mencakup lebih banyak jenis usaha atau bahkan merambah ke bidang usaha yang berbeda. Berikut ini beberapa alasan kenapa perusahaan perlu melakukan perubahan KBLI
- Perkembangan sektor ekonomi dan munculnya jenis usaha baru.
- Penyesuaian standar internasional dan kebutuhan data yang lebih akurat.
- Pembaruan kebijakan pemerintah terkait klasifikasi usaha.
Dalam Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (Peraturan BPS 2/2020), terdapat terdapat sekitar 1.790 kode KBLI. Dalam aturan tersebut, Anda dapat memilih kode yang paling sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan dari berbagai pilihan yang tersedia.
Baca Juga: Bingung Memilih Bidang Usaha? Inilah KBLI yang Sesuai Bagi Bisnis Startup
Namun, penting untuk memahami bahwa penambahan KBLI tidaklah selalu sama, tergantung jenis KBLI yang ditambahkan, apakah itu KBLI utama atau KBLI pendukung. KBLI utama menggambarkan inti kegiatan usaha yang dijalankan, sedangkan KBLI pendukung berfungsi untuk melengkapi atau mendukung kegiatan utama tersebut.
Selain penambahan kode KBLI, Anda juga bisa melakukan penghapusan kode KBLI. Ada beberapa alasan perusahaan melakukan penghapusan kode KBLI seperti:
- Perusahaan sudah tidak menjalankan kegiatan usaha yang termasuk ke dalam kode KBLI tersebut.
- Perusahaan membatalkan rencananya untuk menjalankan kegiatan usaha.
- Perusahaan salah memilih Kode sehingga tidak cocok dengan kegiatan usaha.
- Adanya kendala ketika mengajukan perizinan berusaha di OSS karena Kode KBLI acuan yang dapat dibaca oleh sistem OSS adalah versi terbaru, sedangkan perusahaan masih menggunakan Kode KBLI versi lama.
Perlu diketahui juga bahwa setiap perubahan KBLI perusahaan memiliki dampak yang berbeda terhadap dokumentasi perusahaan. Oleh karena itu, Anda perlu memahaminya dengan baik agar tidak terjadi kesalahan prosedural.
Dampak Perubahan KBLI Perusahaan
Perubahan KBLI, baik penambahan maupun penghapusan KBLI bisa berdampak signifikan bagi pelaku usaha, terutama jika kode KBLI-nya terkena dampak langsung dari perubahan ini. Berikut beberapa dampak yang mungkin terjadi ketika adanya perubahan KBLI.
1. Perubahan perizinan usaha
Jika kode KBLI yang digunakan perusahaan dihapus atau diganti, maka Anda mungkin perlu memperbarui izin usaha agar sesuai dengan KBLI yang baru. Hal ini tentu membutuhkan pengurusan dokumen tambahan dan penyesuaian administrasi.
2. Penyesuaian kegiatan usaha
Penghapusan KBLI tertentu mungkin mengharuskan perusahaan untuk meninjau kembali kegiatan usaha yang tercakup dalam izin usaha yang dimiliki. Anda mungkin perlu menyesuaikan jenis usaha dengan kode KBLI yang baru.
Baca Juga: Mengenal Bisnis Risiko Tinggi & Cara Mengurus Perizinannya
3. Pengaruh pada operasional
Perubahan KBLI juga bisa berdampak pada operasional bisnis sehari-hari, terutama jika perubahan tersebut membutuhkan penyesuaian signifikan dalam sistem manajemen atau pelaporan.
4. Kesempatan baru
Penghapusan KBLI juga bisa membuka peluang baru bagi usaha, terutama jika ada klasifikasi baru yang lebih sesuai dengan jenis usaha Anda yang berkembang.
Poin Penting yang Harus Diperhatikan Dalam Perubahan KBLI
Dalam menghadapi penghapusan KBLI, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebagai pelaku usaha. Dilansir dari situs resmi founders, berikut beberapa poin penting yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan perubahan KBLI.
1. Pahami perubahan regulasi
Sebagai pelaku usaha atau manajemen dalam perusahaan, Anda harus update dengan informasi terbaru mengenai perubahan KBLI dari sumber resmi. Dengan memahami regulasi yang berlaku, maka akan membantu Anda dalam menyesuaikan usaha dengan ketentuan yang berlaku saat ini.
2. Konsultasi dengan ahli
Tidak semua pelaku usaha memahami tentang masalah perizinan usaha ataupun KBLI. Oleh karena itu, jika dirasa Anda merasa kesulitan dalam menyesuaikan usaha Anda dengan KBLI yang baru, cobalah konsultasikan dengan ahli profesional yang berpengalaman seperti Libera.
Tim Libera dapat membantu Anda mengurus perubahan izin usaha dan memastikan bahwa semua aspek legal bisnis tetap sesuai regulasi yang berlaku. Anda juga tidak perlu bertanya-tanya mengenai dampak perubahan KBLI yang Anda lakukan, karena tim Libera akan menjelaskan segala informasi yang Anda butuhkan, mulai dari perubahan KBLI hingga perubahan akta yang mungkin terjadi sebagai dampak perubahan KBLI perusahaan.
3. Review kegiatan usaha
Lakukan peninjauan terhadap semua kegiatan usaha yang dijalankan. Pastikan semua jenis usaha yang dilakukan tercakup dalam KBLI yang baru dan lakukan penyesuaian jika diperlukan.
4. Optimalkan izin usaha
Manfaatkan momen perubahan KBLI untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan izin usaha. Pastikan izin yang Anda miliki benar-benar mencakup seluruh kegiatan bisnis yang dilakukan, sehingga tidak ada masalah di kemudian hari.
Demikianlah beberapa hal penting yang perlu Anda pahami mengenai perubahan KBLI perusahaan. Bagi Anda yang berencana untuk memperluas bisnis dan mengembangkan usaha, serta membutuhkan perubahan KBLI, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dulu dengan tim Libera.id.
Libera akan membantu Anda menentukan kode KBLI yang tepat dengan bisnis Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi terjadi kendala di kemudian hari. Karena Libera akan melakukan perubahan KBLI sesuai aturan dan regulasi terbaru. Jadi tunggu apalagi? Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda sekarang bersama Libera.