Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'harnods_header_scripts' not found or invalid function name in /var/www/html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 324 Kenapa Perusahaan Perlu Program Management Trainee? Ini Alasannya! | Libera
Bisnis

Kenapa Perusahaan Perlu Program Management Trainee? Ini Alasannya!

Pernahkah Anda mendengar istilah management trainee? Management trainee merupakan program yang biasanya ditujukan bagi fresh graduate sebagai batu loncatan untuk memasuki dunia profesional. Melalui program ini, peserta program dapat memiliki jenjang karir yang jelas dan dapat naik ke level manajerial lebih cepat.  Lalu apa pentingnya management trainee bagi perusahaan?

Mengenal Management Trainee

Menurut Collins Dictionary, Management Trainee adalah seseorang yang sedang menjalani pelatihan untuk menjadi manajer perusahaan atau bisnis. Selain itu, Management Trainee juga dapat diartikan sebagai program pelatihan manajemen yang dirancang untuk mencari kandidat dengan kualitas dan potensi menempati posisi manajerial. 

Program ini bertujuan untuk membentuk talenta muda menjadi calon pemimpin sesuai kualifikasi yang dikembangkan perusahaan. Pasalnya, fresh graduate belum memiliki pengalaman di dunia kerja, khususnya posisi manajerial, sehingga mereka dapat dibentuk sesuai nilai dan budaya perusahaan.

Pentingnya Management Trainee

Manajemen perusahaan  merupakan pihak yang bertanggung jawab untuk mengambil keputusan dan perencanaan. Mulai dari menentukan tujuan, merencanakan langkah untuk mencapai tujuan, hingga mengatur sumber daya yang diperlukan. Oleh karena itu, manajemen perusahaan tidak terlepas dari proses pengelolaan sumber daya dan juga faktor produksi.

Dengan dilakukannya managment trainee, maka pihak manajemen dan calon manager perusahaan ini dapat menambah soft skill, seperti komunikasi dan empati, yang dapat membuat kerja tim menjadi lebih baik.

Karena training manajemen ini dirancang khusus untuk membantu para pimpinan dan staf menyempurnakan basic management skills. Dengan begitu, staff karyawan yang telah mendapatkan pengetahuan tentang ilmu manajemen dan manfaat dari pelatihan management ini diharapkan mampu mengatur strategi serta berkontribusi untuk mencapai tujuan perusahaan dengan baik.

Selain itu, management trainee ini juga dapat memperkuat bisnis dengan membantu efektivitas tim dalam mencapai tujuan perusahaan maupun tujuan tim.

Pelatihan dan pengembangan SDM lewat program management trainee juga berguna untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan secara menyeluruh. Dengan begitu, perusahaan dapat meningkatkan kekurangan pada sektor yang belum maksimal.

Tidak hanya berkembang dalam pekerjaan yang ditangani, dengan training manajemen, staf pun dapat mengembangkan karakter mereka sehingga dapat membangun tim yang menyenangkan.

Manfaat Program Managament Trainee dalam Perusahaan

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memberikan managament trainee kepada staf ataupun manajer. Berikut manfaat diberlakukannya program MT dalam perusahaan.

1. Peningkatan kualitas SDM

Untuk mengembangkan binsis, perusahaan tentu perlu meningkatkan performa dari karyawannya. Dengan performa karyawan yang bagus, tentu akan berdampak positif bagi perkembangan perusahaan. Misalnya, perusahaan dapat membuat dan mengembangkan rencana kerja dengan tepat. Selain itu, perusahaan juga dapat menentukan keputusan dengan cepat, sehingga kondisi lingkungan kerja dapat lebih kuat dan nyaman.

2. Mencegah atau mengurangi konflik

Konflik dapat muncul hampir di seluruh perusahaan, hal ini sering terjadi karena kurangnya komunikasi. Apalagi semua orang memiliki perspektif berbeda dalam berkomunikasi.  Jika tidak segera ditangani, masalah ini akan membuat penurunan performa tim.

Dengan management trainee inilah para staf dan manajer perusahaan dapat belajar bagaimana berkomunikasi secara efektif yang dapat memengaruhi banyak orang. Dengan begitu, konflik dalam perusahaan pun bisa berkurang.

3. Sebagai inisiatior dalam perubahan

Setiap perusahan pasti akan mengalami masa transisi dan perubahan seiring berjalannya waktu. Dengan pelatihan manajemen, seorang pimpinan akan sukses untuk beradaptasi dan mengelola perubahan yang terjadi, baik perubahan besar maupun perubahan kecil.

Salah satu professor dari Harvard business school mengatakan bahwa “perubahan bukanlah sebuah event, melainkan proses”. Namanya proses berarti harus dilalui, agar perusahaan bisa berkembang dan tidak stuck atau jalan di tempat.

4. Meningkatkan produktivitas perusahaan

Melalui pelatihan secara berkala, SDM akan lebih produktif dalam bekerja. Staf mampu mengelola perusahaan dengan tepat. Karyawan yang dilatih akan diberi tugas untuk menentukan tujuan secara spesifik. Dengan begitu, karyawan jadi paham mengenai kontribusi kecil mereka, dan apa dampak besarnya pada perusahaan, sehingga kegiatan perusahaan dapat berjalan lebih baik dan terstruktur.

5. Memahami fungsi dan tugas sebagai manajer

Tujuan utama manajer adalah menjadi implementer yang efektif bagi karyawannya. Manajer mengerjakan tugas harian sebagaimana mestinya, namun tanggung jawab dasarnya adalah menyelesaikan pekerjaan bersama-sama dengan karyawan. Dengan program Management Trainee, maka karyawan maupun perusahaan bisa lebih memahami tentang seluk-beluk manager yang sukses.

Itulah pentingnya menerapkan program managament trainee dalam perusahaan. Dengan menerapkan program ini, perusahaan dapat memiliki kualitas SDM yang baik yang nantinya dapat membantu perusahaan berkembang dengan cepat.

Sebelum melakukan program management trainee, perusahaan juga perlu membuat perjanjian kerja karyawan agar terhindar dari risiko di masa depan. Dengan perjanjian inilah, perusahaan bisa mengatur beberapa hal yang dianggap perlu dan penting diberlakukan. Misalnya, karyawan tidak boleh resign selama program trainee diberlakukan, berapa lama waktu program management trainee berlaku, dan seterusnya.

Bagi Anda yang masih bingung membuat perjanjian kerja khususnya dalam program management trainee, perusahaan bisa berkonsultasi secara gratis melalui Libera. Selain konsultasi gratis, Libera juga dapat membantu Anda membuat berbagai perjanjian yang dibutuhkan perusahaan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Jadi tunggu apalagi? Konsultasikan masalah hukum bisnis perusahaan Anda bersama LIBERA sekarang!

Related Posts

Haruskah Perusahaan Menggunakan Karyawan Outsourcing? Ketahui Kelebihan & Dasar Hukumnya!

Saat ini banyak perusahaan yang memilih karyawan outsourcing dengan alasan menghemat anggaran perusahaan ataupun tidak ingin disulitkan dengan proses perekrutan yang panjang. Dengan memilih untuk menggunakan karyawan outsourcing, perusahaan bisa lebih fokus mengembangkan bisnisnya. Namun, biasanya karyawan outsource hanya bisa dimanfaatkan untuk menjadi solusi kebutuhan sumber daya manusia untuk menyelesaikan pekerjaan teknis. Untuk sistem kerjanya pun akan sedikit berbeda, agar lebih jelasnya LIBERA akan menjelaskan beberapa hal penting mengenai karyawan outsourcing.

Read more

Bisnis Terlindungi dengan Memastikan Poin Berikut Ada Dalam Perjanjian Waralaba

Menjalankan bisnis waralaba menjadi salah satu alternatif bisnis yang dipilih sebagian pengusaha. Di mana, dengan memilih bisnis waralaba, Anda tidak perlu lagi memikirkan produk apa yang ingin dijual atau bagaimana memasarkannya, karena semuanya telah diatur oleh pemilik waralaba. Menurut Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2007 tentang Waralaba (PP 42/2007), waralaba merupakan hak khusus yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha untuk memasarkan barang dan/ atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Read more