Bisnis

Manfaat Memiliki Reseller Bisnis bagi Perkembangan Usaha

Mengembangkan bisnis menjadi salah satu impian seluruh pelaku usaha. Untuk mengembangkan bisnis tentu Anda juga perlu memperluas jangkauan market dan produk agar dapat terjual lebih cepat. Disinilah peran reseller, untuk menjual dan mempromosikan produk Anda kembali di pasar yang lebih luas lagi.

Baca Juga: Bedanya Reseller dengan Dropshipper yang Perlu Anda Pahami

Umumnya, reseller akan membeli produk dalam jumlah yang besar di awal dengan harga grosir, kemudian menyimpannya sebagai stok dan menjualnya kembali ke customer mereka dengan margin tertentu untuk mendapatkan profit. Reseller akan sangat menguntungkan dan membantu Anda untuk mengembangkan bisnis.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memberlakukan sistem reseller.

Meningkatkan penjualan

Reseller menjadi salah satu channel tambahan yang akan membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda mulai dari 10% hingga 30%, bahkan bisa lebih dari itu jika memang produk yang Anda jual sangat diminati oleh pelanggan.

Dari yang semula pendapatan Anda hanya berasal dari satu sumber, maka dengan adanya reseller, Anda bisa mendapatkan extra income dari sebelumnya.  Misalnya, satu reseller dapat menjual produk Anda 10 buah dalam sebulan dan Anda memiliki 5 reseller dalam bisnis, artinya ada tambahan penjualan sebanyak 50 buah dari penjualan sebelumnya. Belum lagi ditambah produk yang dijual oleh reseller pasti sudah dibeli dari Anda, maka ini akan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda bukan? 

Menghemat biaya operasional

Bukan hanya meningkatkan penjualan, namun ternyata reseller juga bantu menghemat biaya operasional bisnis. Bagaimana bisa? Sebagai pelaku usaha pasti Anda sudah tahu berapa besarnya biaya yang dibutuhkan untuk membuka cabang baru bukan? Nah, dengan adanya reseller, Anda bisa membuka cabang tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Belum lagi Anda perlu menambah sumber daya manusia dan pengelolaannya, tentu Anda butuh waktu dan perencanaan khusus yang matang agar kesuksesan dapat diraih di cabang kedua serta cabang-cabang selanjutnya.

Dengan memiliki reseller, Anda bisa menghemat biaya operasional, seperti gaji karyawan, biaya transportasi penjualan, biaya sewa gedung, dan sebagainya. Memiliki reseller sama dengan memiliki perwakilan bisnis dalam menjual produk kepada pelanggan. Reseller adalah tenaga penjual tambahan yang tidak perlu digaji namun dapat memberikan keuntungan bagi bisnis. Untuk itu, Anda perlu melatih mereka dengan baik, agar mereka dapat menjadi reseller setia. 

Selain itu, reseller juga akan membantu branding bisnis, di mana mereka akan melakukan promosi terhadap produk tanpa diminta, sehingga produk Anda akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

Memperluas target market 

Reseller juga akan membantu memperluas bisnis, karena setiap reseller pasti memiliki target market-nya masing-masing. Reseller dapat mencapai calon pelanggan yang mungkin belum pernah Anda lakukan pendekatan sebelumnya, sehingga mereka dapat menarik pelanggan yang berada di luar jangkauan Anda. Dengan kata lain, reseller bisa berperan sebagai marketer sekaligus distributor tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membayar gaji mereka. 

Itulah beberapa keuntungan menggunakan reseller. Setelah Anda memutuskan untuk menggunakan reseller, pastikan juga untuk menggunakan perjanjian kerja sama bisnis kepada reseller yang ingin bergabung ke bisnis Anda.

Baca Juga: Ingin Melakukan Perjanjian Kerja Sama Bagi Hasil? Ini Syarat & Isi Perjanjian yang Wajib Ada!

Dengan perjanjian inilah Anda bisa mengatur segala hal sesuai kesepakatan kedua belah pihak untuk mencegah terjadinya risiko di kemudian hari. Bagi Anda yang masih bingung membuat perjanjian kerja sama, Anda bisa memanfaatkan layanan hukum bisnis profesional lewat LIBERA.id.

Dengan LIBERA.id, Anda bisa dengan mudah membuat perjanjian kerja sama bisnis maupun perjanjian lainnya sesuai dengan hukum yang berlaku. Selain itu, pembuatan perjanjian pun dilakukan oleh tim hukum profesional dari LIBERA, sehingga aman bagi bisnis Anda. 

Related Posts

Franchise VS Usaha Sendiri, Mana yang Cocok untuk Anda Mulai?

Setiap orang yang ingin memulai bisnis pasti sudah menyiapkan strategi untuk bisnisnya, baik itu memilih franchise vs usaha sendiri. Meski terlihat berbeda, tujuan kedua jenis usaha ini adalah sama yaitu sama-sama untuk mendapatkan keuntungan dengan modal terjangkau. Meski memiliki persamaan dalam tujuan, keduanya pun memiliki perbedaan masing-masing yang didalamnya tentu ada kelebihan dan kekurangannya.
Read more

Sistem OSS Mempermudah Anda Mengurus Perizinan Usaha Secara Online

Pada tahun 2017, Kementerian Koperasi dan UKM melansir data olahan BPS yang menunjukan bahwa adanya pertambahan jumlah pengusaha dari sebelumnya 1,6% menjadi 3,1% dari jumlah populasi. Terlebih dengan perkembangan digital yang semakin pesat, peluang berbisnis pun semakin besar dengan terbukanya akses untuk mencapai target pasar. Namun, meningkatnya pertumbuhan angka pengusaha di Indonesia tidak dibarengi dengan meningkatnya pengurusan legalitas usaha. Di mana, banyak pengusaha baru yang belum mengurus legalitas bisnisnya dengan dalih ribet dan menghabiskan banyak waktu.

Read more