BisnisTeknologi

Teknologi Bisnis yang Wajib Dimanfaatkan untuk Perkembangkan Bisnis Anda

Di perkembangan zaman seperti saat ini teknologi bisa menjadi salah satu kunci keberhasilan bisnis. Dengan memanfaatkan teknologi yang tepat dan dengan cara yang baik, bisnis Anda  bisa mendapatkan keuntungan maksimal.  Di era modern seperti sekarang, banyak bisnis menggunakan teknologi untuk mengotomatisasi, mengintegrasikan, dan merekayasa ulang sebagian besar operasional bisnis. Sehingga akan berdampak pada peningkatan skala, proses yang disederhanakan, pengurangan biaya operasional, dan peningkatan waktu produksi. Artinya, teknologi dapat membantu bisnis berkembang dan menjadi lebih efektif.

Lalu bagaimana tips memanfaatkan teknologi agar bisnis lebih berkembang? Di bawah ini adalah beberapa teknologi bisnis yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis.

Simpan Data di Cloud

Sebelum ada teknologi cloud, perusahaan harus mengelola data dalam jumlah besar dan melakukan transfer file besar ketika ingin mengirimnya. Perusahaan juga harus berinvestasi perangkat dalam jumlah banyak untuk penyimpanan file. Hal ini tentu membutuhkan biaya yang cukup besar.

Namun, dengan adanya teknologi cloud, Anda bisa mengubah cara kuno  tersebut dan mengubah cara penyimpanan lama. Dengan penyimpanan data cloud uni, Anda bisa melakukan banyak hal mulai dari mengakses data dari mana saja, melakukan pencadangan otomatis, menyimpan data dalam jumlah tidak terbatas, hingga berkolaborasi pada satu dokumen secara real time. Jika Anda adalah pemilik bisnis kecil, Anda dapat menggunakan manfaat di atas untuk memberi kecepatan bersaing dengan bisnis yang lebih besar.

Media Sosial

Media sosial juga menjadi salah satu teknologi bisnis yang memungkinkan usaha kecil untuk melakukan beberapa hal yang hampir tidak mungkin dicapai UKM pada zaman dulu. Dengan media sosial ini, Anda bisa mengamati hampir setiap aspek perilaku audiens, sehingga Anda bisa mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan tentang pelanggan. Mulai dari kebiasaan mereka, hal apa yang mereka sukai, kenapa mereka membeli suatu produk, dan masih banyak lagi.

Selain itu, media sosial juga menjadi salah satu platform yang membantu meningkatkan kredibilitas bisnis di era sekarang. Dengan adanya media sosial, audiens menjadi lebih percaya dengan bisnis sekaligus membantu Anda memasarkan bisnis dengan jangkauan yang lebih luas dengan biaya yang tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan promosi zaman dulu.

Aplikasi Productivity

Meskipun akan menyenangkan untuk memiliki tim manajer proyek yang siap membantu, nyatanya tim tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, Anda bisa menggantinya dengan mulai memanfaatkan aplikasi produktivitas. Sehingga, Anda tidak lagi perlu ratusan pakar produktivitas untuk tetap produktif.

Anda hanya butuh perangkat seluler yang dilengkapi dengan productivity apps yang tepat. Misalnya, aplikasi produktivitas dari Google seperti Google Slides, Google Sheet, Google Docs, dan sebagainya. Ada juga aplikasi produktivitas yang membantu mengkoneksikan antar tim misalnya Zoom, Gmeet, Slack, dan masih banyak lagi. Dengan menguasai beberapa aplikasi ini, maka Anda bisa menjalankan bisnis lebih efektif dan efisien tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.

Analytical Tools

Ada banyak analytical tools yang dapat Anda gunakan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan bisnis. Misalnya, Anda dapat mengukur persentase pengunjung situs web yang menelusuri situs di browser seluler mereka atau Anda dapat menilai kecepatan pemuatan halaman website. Anda juga bisa mengecek berapa banyak audiens yang berinteraksi dengan bisnis Anda lewat media sosial dan apa tanggapan mereka tentang bisnis.

Ketika Anda bisa mengukur indikator kinerja utama perusahaan, maka Anda bisa dengan mudah mengambil keputusan yang tepat bagi bisnis dalam waktu yang lebih singkat. Sehingga nantinya akan membantu bisnis lebih produktif dan Anda pun sebagai pelaku bisnis bisa fokus dalam mengembangkan bisnis itu sendiri.

Kampanye Pemasaran yang Lebih Baik

Kampanye pemasaran digital memiliki potensi untuk menawarkan penargetan yang spesifik, hasil langsung, lingkungan pengujian yang mudah, dan percakapan dua arah. Yang terpenting, kampanye lewat digital juga cenderung menawarkan pengembalian yang lebih tinggi atas pengeluaran pemasaran daripada beberapa bentuk periklanan tradisional. 

Karakteristik ini membuat pemasaran digital jauh lebih mudah diakses oleh usaha kecil daripada pemasaran lainnya. Salah satu alasan pemasaran online menarik bagi bisnis kecil adalah Anda tidak perlu menunggu hingga kampanye selesai untuk meninjau hasil kampanye. Perusahaan pun tidak perlu mengeluarkan biaya ratusan juta untuk biaya pemasaran. Dengan jumlah dana minim pun Anda tetap bisa melakukan kampanye lewat digital.

Sistem Pembayaran Berbasis Web

Sistem pembayaran berbasis web akan mempermudah pengiriman atau penerimaan pembayaran. Dengan adanya sistem pembayaran ini, maka perusahaan bisa menawarkan sejumlah opsi pembayaran yang bisa mempermudah audiens dalam melakukan transaksi.

Bukan hanya mempermudah dalam proses pembayaran, saat ini juga sudah banyak platform yang menawarkan integrasi tanpa batas ke dalam program akuntansi populer. Sehingga, nantinya Anda tidak lagi perlu repot melakukan pencocokan atau rekonsiliasi dalam melakukan pencatatan transaksi yang terjadi.

Legalitas & Perjanjian Bisnis

Selain beberapa teknologi di atas, sekarang Anda juga bisa memanfaatkan teknologi yang memberikan kemudahan dalam mengurus legalitas usaha hingga perjanjian bisnis. Sehingga, meskipun bisnis Anda masih dalam skala kecil, Anda tetap bisa mengurus segala legalitas tanpa harus merekrut karyawan atau ahlinya.

Baca Juga: Kapan Legalitas Perusahaan Perlu Diurus? Cek 5 Keuntungannya di sini!

Salah satu layanan yang membantu Anda mengurus legalitas bisnis sekaligus perjanjian bisnis adalah LIBERA.id. Dengan LIBERA.id, Anda bisa lebih fokus mengurus perkembangan dan operasional bisnis tanpa perlu mengkhawatirkan masalah legalitas maupun perjanjian bisnis. LIBERA juga memiliki tim hukum profesional yang membantu Anda mengurus segalanya lebih mudah, cepat, dan dijamin aman.

Itulah beberapa teknologi bisnis yang bisa Anda manfaatkan demi perkembangan bisnis dan efisiensi bisnis. Jadi, pastikan Anda memanfaatkan seluruh teknologi yang disebutkan di atas demi kemajuan bisnis Anda.

Related Posts

Hukum Perdagangan Elektronik dan Transaksi Elektronik, Apa Perbedaan Keduanya?

Perkembangan teknologi kini kian meningkat, hal ini terlihat dari banyaknya orang yang melakukan bisnis online. Hanya bermodalkan Internet dan gadget, siapapun bisa mulai berjualan atau berdagang secara online, kapan dan di mana saja. Selain perdagangan, perkembangan informasi teknologi juga mempermudah setiap pengusaha melakukan transaksi secara online atau elektronik. Hal ini tentu mempermudah pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya hingga ke seluruh negeri bahkan dunia. Lalu tahukah Anda perbedaan antara perdagangan dan transaksi elektronik? Meski terlihat sama, dalam dunia hukum kedua hal tersebut memiliki perbedaan. Agar lebih jelasnya, di bawah ini LIBERA akan memberikan Anda beberapa penjelasan secara lebih lengkap.

Read more

9 Kesalahan yang Menjadi Penyebab Kegagalan Bisnis, Wajib Dihindari!

Menurut data Small Business Association (SBA), terdapat 30% bisnis baru mengalami kegagalan di tahun keduanya, 50% gagal di tahun ke lima, dan sekitar 66% gagal di tahun ke 10. Hanya tersisa 25% bisnis yang berhasil memiliki umur di atas 15 tahun. Tapi tahukah Anda apa sebenarnya penyebab dari kegagalan bisnis ini?

Read more